Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/55405
Title: Strategi Pengembangan Kelembagaan Pengelolaan Peningkatan Mutu Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dasar di Kabupaten Lampung Barat
Institntional Development and Management Strategies for Quality Improvement in the Facilities of Basic Education in West Lampung Regency.
Authors: Kolopaking, Lala M.
Daryanto, Heny Kuswanti
Supandi
Keywords: facilities of basic education
educational budget
the School Committees
Issue Date: 2009
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Kondisi sarana dan prasana pendidikan di sekolah-sekolah di Kabupaten Lampung Barat saat ini dirasa masih sangat kurang memadai. Dari 357 Sekolah Dasar (SD) yang terdiri dari 2.460 ruang kelas, 57,27 persen atau 1.409 ruang kelas diantaranya berada dalam kondisi rusak. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kualitas pendidikan khususnya pada tingkat dasar di Kabupaten Lampung Barat. Upaya peningkatan mutu sarana dan prasarana pendidikan telah dilakukan dalam kerangka keIja multipihak dan multi aras, mulai dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat hingga satuan sekolah. Pelaksanaannya pun merangkum peran masyarakat yang diwadahi dalam organisasi Komite Sekolah. Kajian bertujuan mengenali kelembagaan peningkatan mutu sarana dan prasarana pendidikan dasar yang ada dan permasalahan pelaksanaannya serta menyusun altematif strategi dalam peningkatan mutu sarana dan prasarana pendidikan dasar di Lampung Barat melalui pelibatan masyarakat sebagai komponen utama. Kajian menggunakan strategi studi kasus. Data sekunder melalui studi literatur didapat untuk memahami kondisi kelembagaan yang ada saat ini. Data primer dikumpul melalui pelaksanaanfocus group discussion (FGD) dengan berbagai pihak terkait mulai aras kabupaten hingga satuan sekolah dan komite sekolah untuk menyusun strategi peningkatan mutu sarana prasarana pendidikan dasar ke depan.
The educational facilities in the schools of West Lampung are in a very poor condition. There are 357 units of Sekolah Dasar (Elementary School) with 2.460 classrooms, 57.27% (approximately 1.409 classrooms) of which are not appropriate for teaching-learning purposes. The overall condition of the facilities affects the quality of educational services, especially in the basic education in the Regency of West Lampung. Efforts in improving the educational facilities have been made in the multilevel and multi-stakeholder framework, starting from the Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat (Educational Services of West Lampung Regency) of the regency level to the school level. A community participation through the institution known as Komite Sekolah (School Committee) is also included to improve the educational facilities.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/55405
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2009sup1.pdf
  Restricted Access
Full Text4.17 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract411.18 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I587.55 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II750.1 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III553.48 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Kondisi Pendidikan Kabupaten Lampung Barat.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.26 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Pemetaan Kelembagaan dan Peran.pdf
  Restricted Access
BAB V765.34 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Perumusan Strategi dan Program.pdf
  Restricted Access
BAB VI748.66 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Penutup.pdf
  Restricted Access
BAB VII348.8 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover286.4 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka375.15 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran553.74 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.