Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54349
Title: Motivasi dan Kepuasan Remaja Terhadap Televisi Lokal (Kasus Pemirsa Megaswara TV di Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat)
Teens motivation and gratification of local television.
Authors: Hubeis, Aida Vitayala Sjafri
Hendra, Gian
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
local television
Motivatio
audiences
intristic
extrinsic factors
Issue Date: 2011
Abstract: Local television is television that is existence can only breachead by a particular area as well as program that be broadcast locally depending on the values and culture that are in the area. A wide selection of events offered by local television allows the audience especially the youth for the opportunity to choose which program to meet their needs. Motivations and pattern of use the television can produce satisfying needs or other unintended consequences as a result of the comparison between the expectations of the audience before watching television with the real acquired after watching television audiences. Motivation in watching local television audiences are influenced by intristic and extrinsic factors. The result showed intrinsic and extrinsic factors have a relationship with the motivation to watch, as well as watch a high motivation to produce high satisfaction watching too.
Televisi adalah bentuk media massa elektronik yang telah masuk ke dalam kebutuhan kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia dan mempunyai pengaruh besar di dalam membentuk sikap dan perilaku penontonnya. Televisi lokal adalah televisi yang keberadaannya hanya dapat dijangkau oleh suatu daerah tertentu dengan program acara yang bersifat lokal tergantung dengan nilai-nilai dan kebudayaan setempat. Beragam program acara yang disajikan televisi lokal mulai dari berita, hiburan, program kesenian dan kebudayaan, hingga potensi ekonomi lokal memungkinkan khalayak, terutama remaja, untuk memilih program acara yang dapat memenuhi kebutuhannya. Tujuan penelitian adalah menganalisis motivasi remaja untuk menonton televisi lokal Megaswara dan mengidentifikasi kepuasan remaja terhadap siaran televisi lokal Megaswara. Televisi lokal yang dipilih adalah Megaswara TV, yang merupakan satusatunya televisi lokal Bogor. Penelitian dilakukan di RW 10 Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, yang menurut penyelenggara siaran terdapat banyak masyarakat yang menonton program acara Megaswara TV. Penelitian bersifat survei yang menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif sebagai penunjangnya. Responden penelitian sebanyak 30 orang yang ditentukan dengan menggunakan full enumeration survey, dan penentuan responden sebagai subjek penelitian menggunakan simple random sampling. Data hasil pengolahan kuesioner disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Sedangkan untuk menganalisis hubungan variabel dilakukan analisis statistik menggunakan uji Chi Square dan Rank Spearman melalui program software SPSS 16.0 for windows. Faktor intrinsik yang memiliki hubungan dengan motivasi remaja menonton televisi lokal adalah usia, pendidikan, dan etnis, sedangkan jenis kelamin tidak memiliki hubungan terhadap motivasi menonton televisi lokal. Faktor ekstrinsik yang memiliki hubungan dengan motivasi remaja menonton televisi lokal adalah informasi acara, sedangkan pola pengambilan keputusan tidak memiliki hubungan dengan motivasi iv
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54349
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I11ghe.pdf
  Restricted Access
full text1.45 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract354.25 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I364.41 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Pendekatan Teoritis.pdf
  Restricted Access
BAB II474.24 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Pendekatan Lapangan.pdf
  Restricted Access
BAB III362.51 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Gambaran Umum Responden dan Megaswara TV.pdf
  Restricted Access
BAB IV381.28 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Motivasi Menonton Televisi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.pdf
  Restricted Access
BAB V559.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Kepuasan Menonton Televisi Lokal.pdf
  Restricted Access
BAB VI371.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB VII358.92 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover361.67 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka412.42 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran576.12 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan359.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.