Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54168
Title: Analisis IPK Rendah Mahasiswa TPB IPB Tahun Akademik 2009/2010
Authors: Martono, Totong
Dina, Itasia
Pianti, Dhima
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Analisis regresi logistik biner
DO
IPK rendah
Issue Date: 2011
Abstract: Keberhasilan studi mahasiswa baru di IPB dapat diamati melalui IPK pada TPB. Berdasarkan rangkuman data IPK populasi mahasiswa baru IPB Tahun Akademik 2009/2010 dengan beracuan pada kriteria pemeringkatan sekolah dalam Peringkat Riwayat Akademik Sekolah di IPB (PERAK SLTA-IPB), terdapat sekitar 11% (342 orang) mahasiswa TPB memiliki IPK kurang dari 2.10 atau tergolong memiliki IPK rendah, dengan persentase terendah ada pada jalur USMI dan tertinggi ada pada jalur BUD. Ada 2 kelompok mahasiswa dengan IPK rendah, yaitu mahasiswa DO (IPK ≤ 1.50) dan mahasiswa tidak DO ( 1.50 < IPK ≤ 2.10). Keberhasilan studi mahasiswa baru mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan budaya serta faktor sosial ekonomi. Faktor lingkungan budaya diwakili oleh daerah asal SLTA, peringkat asal SLTA, jalur masuk IPB, prioritas pilihan masuk IPB, tingkat popularitas mayor, nilai Pengantar Matematika, Kalkulus, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan faktor sosial ekonomi diwakili oleh jenis kelamin, penghasilan orang tua / wali, pekerjaan orang tua / wali. Dari model regresi logistik biner dengan peubah respon adalah mahasiswa TPB Tahun Akademik 2009/2010 dengan IPK rendah terungkap bahwa hanya faktor lingkungan dan budaya yang berpengaruh terhadap mahasiswa DO, yaitu prioritas pilihan masuk IPB, nilai Kalkulus, Kimia, dan Biologi. Nilai Kalkulus paling dominan mengakibatkan DO mahasiswa TPB dengan IPK rendah. Model regresi logistik biner yang dibangun pada penelitian ini memiliki tingkat ketepatan klasifikasi sebesar 91.5%.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54168
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G11dpi.pdf
  Restricted Access
Full text1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.