Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53780
Title: Resilience of Adolescent based on Gender, Type of School and Regional Typology
Resiliensi Remaja Berdasarkan Jenis Kelamin, Jenis Sekolah dan Tipologi Wilayah
Authors: Sunarti, Euis
Latifah, Melly
Martiastuti, Kenty
Keywords: adolescent
resilience
risk factor
protective factor
Issue Date: 2011
Abstract: The purpose of this study was to see the difference in resilience based on gender, type of school and regional typology and determine the factors that affect the adolescent’s resilience. Resilience is the ability to bounce back successfully despite exposure to severe risk. Resilience is determined by two factors, namely a protective factor and risk factors. Protective factors help to protect adolescent from the negative effects of risk factors. Adolescent resilience is considered important because resilient adolescents would not easily give up and fall into maladaptive behaviors. The study was carried out with 89 males and 92 females from senior high school in Kabupaten and Kota Bogor. Within the scope of the study “Resilience and Youth Development Module (48 items, α = 0.758 – 0.869)”, “Family Environment Scale (90 items, α = 0.885)”, “Risk Factor Inventory (15 items, α = 0.623” and “Resilience Scale (25 items, α = 0.768)” were used. The study results showed significant differences in peers protective factor and risk factor among males and females (p<0.05). Based on the school type, there were differences in the risk factors (p <0.05) and in terms of regional typology some differences were also seen in the risk factors (p <0.10) and community’s protective factors (p <0.05). The Pearson correlation test showed a positive correlations of internal factors, family factors, school factors, peer factors and community factors with resilience. Multiple regression test showed that the factors affecting the adolescent resilience were internal factors, family factors and peer factors with the adjusted R square of 0.474.
konflik akibat banyaknya perubahan dan permasalahan yang dihadapi. Permasalahan dan kesulitan hidup adalah fenomena yang akan selalu dihadapi. Berbagai macam cara dilakukan oleh remaja dalam menyikapi kesulitan hidup yang tidak jarang dapat berujung pada permasalahan sosial seperti perilaku seks bebas, penggunaan narkoba, tawuran bahkan bunuh diri. Oleh karena itu, resiliensi remaja menjadi suatu hal yang penting karena remaja yang resilien tidak mudah menyerah dan terjerumus ke dalam perilaku maladaptive karena resiliensi atau daya lenting merupakan kemampuan individu untuk bangkit dari kesulitan yang dihadapi dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Resiliensi ditentukan oleh dua faktor, yaitu faktor protektif (pelindung) dan faktor resiko. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan faktor protektif, faktor resiko dan resiliensi berdasarkan jenis kelamin, jenis sekolah dan tipologi wilayah serta mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada resiliensi remaja. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang dilakukan di sekolah menengah tingkat atas di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Pemilihan sekolah dilakukan secara purposive. Sekolah yang dipilih adalah SMAN 5 Bogor dan SMKN 1 Bogor yang mewakili wilayah perkotaan serta SMAN 1 Ciomas dan SMKN 1 Ciomas yang mewakili wilayah pedesaan. Contoh adalah siswa kelas X yang berasal dari keluarga utuh dan berjumlah 181 orang (89 laki-laki dan 92 perempuan). Contoh dipilih secara proportional random sampling. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer meliputi karakteristik contoh dan keluarga, faktor protektif internal, faktor protektif keluarga, faktor protektif sekolah, faktor protektif teman sebaya, faktor protektif masyarakat, faktor resiko dan resiliensi remaja. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicoba dan memperoleh nilai alpha cronbach yang berkisar antara 0.623 sampai dengan 0.885 untuk instrument yang digunakan. Data sekunder meliputi data siswa dan kondisi umum sekolah. Pengolahan dan analisis data menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS 16.0 for Windows. Data selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Untuk melakukan analisis uji beda digunakan Independent t test dan Mann-Whitney, uji korelasi digunakan Pearson Correlation dan untuk melihat faktor-faktor yang berpengaruh pada resiliensi remaja digunakan Multiple Regression.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53780
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2011kma.pdf
  Restricted Access
Full Text1.13 MBAdobe PDFView/Open
Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstrak316 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I301.9 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
Bab II615.46 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
Bab III312.67 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab IV380.58 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
Bab V555.64 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Simpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
Bab VI322.46 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover300.8 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka315.1 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran307.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.