Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53190
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorDaryanto, Rr. Heny Kuswanti Suwarsinah
dc.contributor.authorKusumaningtyas, Putri
dc.date.accessioned2012-02-06T01:21:38Z
dc.date.available2012-02-06T01:21:38Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53190
dc.description.abstractPermasalahan pertanian yang terjadi di Indonesia antara lain adalah kondisi petani yang memiliki tingkat pendidikan rendah, lemahnya organisasi petani, dan masalah permodalan. Permodalan menjadi permasalahan bagi petani karena adanya jaminan yang memberatkan petani, biaya transaksi yang mahal, dan bunga yang tinggi. Pemerintah berusaha mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan mengadakan program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP). Tujuan dari program ini antara lain meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan. Sehingga dari program ini diharapkan dapat terbentuk lembaga keuangan mikro yang dapat memberikan akses permodalan pada petani kecil. Seperti yang telah dilakukan oleh Gapoktan Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi yakni membentuk Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Rukun Tani. Lembaga keuangan mikro ini merupakan pengembangan dari program pemerintah yang dilakukan secara swadaya oleh gapoktan penerima PUAP. Sehingga kegiatan evaluasi perlu dilakukan mengingat lembaga ini menunjang kegiatan penduduk sekitar, dan merupakan pengembangan program pemerintah di mana sering mengalami kegagalan dalam kelanjutannya. Evaluasi kinerja LKM-A Rukun Tani dilakukan dengan pendekatan kinerja keuangan serta dari segi tingkat kepuasan nasabah. Kinerja keuangan dilakukan untuk mengetahui kondisi internal khususnya kondisi keuangan LKM-A Rukun Tani. Sedangkan untuk tingkat kepuasan nasabah dilakukan untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan LKM-A Rukun Tani. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menganalisis kinerja keuangan LKM-A Rukun Tani, 2) Mengidentifikasi karakteristik nasabah LKM-A Rukun Tani, 3) Menganalisis tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan yang diberikan LKM-A Rukun Tani. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) kepada responden yang melakukan transaksi di LKMA Rukun Tani. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 nasabah LKM-A Rukun Tani yang ditentukan dengan rumus Slovin. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden, analisis rasio keuangan untuk mengetahui kinerja keuangan, dan Importance Performance Analysis (IPA) serta Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kinerja LKM-A Rukun Tani. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program MS. Excell 2007 dan SPSS ver. 19.0 for Windows. Hasil analisis keuangan menunjukkan kondisi yang cukup baik. Hal ini dilihat dari hasil rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas. Masingmasing rasio cenderung berada pada posisi yang aman bagi sebuah organisasi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tingkat pengembalian pinjaman. Hal ini perlu diperhatikan secara khusus agar tidak terjadi permasalahan kredit macet. Hasil analisis deskriptif mengenai karakteristik responden adalah persentase 3 terbanyak responden adalah dengan jenis kelamin pria (60%), dengan usia yang lebih dari 41 tahun (40%), statusnya menikah (95%), menempuh pendidikan terakhir Sekolah Dasar (48%), bekerja sebagai petani (45%), dengan lama usaha lebih dari 4 tahun (77%). Pendapatan yang diterima per bulan lebih dari Rp 2.000.000,00 per bulan (39%), dan pengeluarannya sekitar Rp 500.000,00-Rp 1.000.000 per bulan (42%) ini, jumlah pinjaman yang diajukan berkisar antara Rp 500.000,00 – Rp 1.000.000,00 (55%). Responden yang telah bergabung dengan LKM-A Rukun Tani paling banyak telah bergabung lebih dari 12 bulan (60%) dengan frekuensi pinjaman paling banyak sekitar 2 kali (52%). Responden memilih meminjam ke LKM-A Rukun Tani dengan alasan paling banyak yaitu karena mudah persyaratannya (48%). Hubungan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja LKM-A Rukun Tani dapat dilihat dari hasil Importance Performance Analysis (IPA) yang tersaji dalam diagram kartesius. Pada kasus kepuasan nasabah terhadap pelayanan pada LKMA Rukun Tani, atribut yang masuk ke dalam Kuadran I adalah prosedur pelayanan LKM-A, pemberian hadiah bagi anggota aktif. Sedangkan yang masuk di Kuadran II adalah ketelitian dan keakuratan karyawan, realisasi janji, pembagian shu tepat waktu, kecepatan dalam menangani transaksi, pemberian informasi, keramahan dan kesopanan karyawan, kejujuran pengurus dan karyawan, dan tingkat suku bunga pinjaman. Untuk Kuadran III, atributnya antara lain kebersihan LKM-A, kelengkapan fasilitas kantor, ketersediaan papan informasi dan koran, penyelenggaraan rapat anggota (bulanan) tepat waktu, kerjasama LKM-A dengan pihak lain, kecepatan dan ketepatan menanggapi masalah, bantuan biaya pengobatan, dan adanya kotak saran. Dan untuk Kuadran IV, atributnya antara lain lokasi LKM-A, keteraturan jadwal kerja LKM-A, pengetahuan karyawan dalam memberikan informasi, dan kemudahan dalam memanfaatkan jasa. Kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan pada LKM-A Rukun Tani dapat dilihat dari nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 74,41 persen. Nilai tersebut terletak pada rentang nilai CSI antara 0,61 – 0,80 yang berarti bahwa nasabah telah merasa puas dengan kinerja pelayanan LKM-A Rukun Tani.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Kinerja Keuangan dan Kepuasan Nasabah Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Rukun Tani, Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.en
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I402.86 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
Bab II412.06 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
Bab III439 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab IV465.33 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Gambaran Umum Lokasi Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab V399.99 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Analisis Kinerja Keuangan.pdf
  Restricted Access
Bab VI395.89 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Tingkat Kepuasan Nasabah.pdf
  Restricted Access
Bab VII725.88 kBAdobe PDFView/Open
BAB VIII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
Bab VIII381.95 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover337.84 kBAdobe PDFView/Open
H11pku.pdf
  Restricted Access
Full text1.09 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran466.51 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan383.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.