Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53156
Title: Analisis Efektivitas Promosi PT. BFI Finance Indonesia Tbk Cabang Bogor
Authors: Sarma,Ma’mun
Kusuma, Indradi Hadi
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2011
Abstract: Kebutuhan akan sarana transportasi terus meningkat seiring dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Saat kondisi lalu lintas sangat padat, jarak tempuh yang cukup jauh, kenyamanan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, mendorong masyarakat lebih memilih mengguakan kendaraan pribadi dibanding dengan menggunakan sarana transportasi umum. Untuk memiliki kendaraan pribadi, masyarakat memerlukan dana yang tidak sedikit. Kebutuhan akan dana bagi seseorang merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari, baik dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kendaraan pribadi, kebutuhan hidup sehari- hari maupun untuk memenuhi kebutuhan modal usaha dalam hal bisnis. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan dana pinjaman, saat ini terdapat lembaga pembiayaan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan menawarkan prosedur yang lebih mudah, cepat dan aman. PT BFI Finance Indonesia Tbk adalah salah satu lembaga pembiayaan di kota Bogor. Untuk tetap mampu bersaing dan meningkatkan penjualan serta meningkatkan kualitas produk maupun kinerja perusahaan, perusahaan perlu mengetahui tingkat efektifitas bauran promosi yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian adalah : (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen PT. BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor. (2) Mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan PT. BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor, (3) Menganalisa efektivitas promosi yang dilakukan PT. BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengolahan dan analisis dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microscoft Excel, dan untuk mengukur keefektifan promosi yang dilakukan dengan menggunakan EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM). Hasil dari EPIC Model menunjukkan bahwa dimensi empati bernilai efektif (3,95), persuasi bernilai efektif (3,89), dampak bernilai efektif (3,98) dan komuikasi bernilai efektif (3,90). Menurut hasil penelitian, secara keseluruhan nilai EPIC Rate adalah sebesar 3,93. Nilai ini berada dalam rentang skala efektif. Hal ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor adalah efektif. Hasil pengukuran efektivitas promosi dengan Direct Rating Method (DRM), menunjukkan bahwa promosi PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor masuk dalam kategori promosi yang efektif dengan total skor Direct Rating sebesar 77,50. Artinya promosi yang dilakukan tersebut berhasil dalam menarik perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan perilaku konsumen untuk memilih pembiayaan di PT BFI Finance Indonesia Tbk cabang Bogor.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53156
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I352.36 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
Bab II478.77 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab III514.27 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
Bab IV915.84 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
Bab V378.95 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover301.5 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka362.23 kBAdobe PDFView/Open
H11ihk.pdf
  Restricted Access
Full text1.58 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran580.15 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan356.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.