Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53085
Title: Analisis Persepsi Ibu Rumah Tangga Terhadap Susu Kambing di Kota Depok
Authors: Farmayanti,Narni
Hakim, Arief Rahman
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2011
Abstract: Subsektor peternakan telah mengalami peningkatan kinerja dari tahun ke tahun. Salah satu acuan dalam melihat kinerja suatu sektor adalah Produk Domestik Bruto (PDB). Pada tahun 2006 Badan Pusat Statistik mencatat subsector peternakan memiliki kontribusi sebesar 11 persen (Rp 51.074 miliar) dari jumlah total PDB sektor pertanian secara nasional. Sedangkan, pada tahun 2009 angka tersebut meningkat menjadi 12,12 persen (Rp 104,040 milyar) dari jumlah total PDB sektor pertanian secara nasional. Hal ini menunjukan bahwa subsektor peternakan merupakan salah satu sumber pertumbuhan baru khususnya bagi sektor pertanian dan perekonomian nasional pada umumnya. Salah satu jenis produk peternakan yang permintaannya semakin meningkat adalah susu. Terdapat beberapa jenis susu yang beredar di masyarakat, diantaranya susu sapi dan susu kambing. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing masih belum terlalu familiar di masyarakat. Meskipun demikian, kandungan gizi susu kambing tidak kalah dibanding dengan susu sapi. Susu kambing dapat menjadi alternatif bagi seseorang yang alergi terhadap susu sapi. Menurut para ahli, komposisi kimia susu kambing dan morfologisnya yang unik membuatnya mudah untuk diserap oleh organ pencernaan. Oleh karena itu, pada konsumen susu kambing jarang ditemui yang menderita diare. Bahkan komposisi susu kambing memiliki kemiripan dengan air susu ibu (ASI) sehingga tidak kalah dengan susu sapi yang sering dijadikan susu pengganti ASI. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis persepsi ibu rumah tangga terhadap produk susu kambing, (2) Menganalisis sikap ibu rumah tangga untuk memberikan produk susu kambing kepada anak balitanya, dan (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap susu kambing dan sikap responden untuk memberikan produk susu kambing kepada anak balitanya, Penelitian dilakukan di enam kelurahan di Kota Depok, yaitu Kelurahan Pondok Petir, Kelurahan Curug, Kelurahan Tapos, Kelurahan Beji, Kelurahan Mekarsari, dan Kelurahan Pancoran Mas. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dan dilakukan mulai dari bulan Juni 2011 hingga Juli 2011. Berdasarkan hasil analisis tingkat persepsi terhadap produk susu kambing dapat diketahui bahwa sebanyak 34 responden memiliki skor persepsi yang rendah terhadap produk susu kambing, sedangkan 26 responden memiliki skor persepsi yang tinggi terhadap produk susu kambing. Hal ini disebabkan karena sebagian besar responden belum pernah mengkonsumsi produk susu kambing. Produk susu kambing merupakan produk susu yang belum terlalu familiar di masyarakat. Selain itu, sulitnya mencari lokasi penjualan dan masih minimnya promosi produk susu kambing menyebabkan responden memiliki persepsi buruk terhadap produk susu kambing. Berdasarkan hasil analisis sikap ibu rumah tangga untuk memberikan produk susu kambing kepada anak balitanya dapat diketahui 28 responden tertarik untuk memberikan konsumsi susu kambing kepada anak balitanya, sedangkan 32 responden tidak tertarik memberikan konsumsi produk susu kambing kepada anak balitanya. Berdasarkan keterangan responden, sikap melakukan pemberian susu kambing bagi anak dikarenakan faktor kandungan gizi produk susu kambing yang tinggi dan meyakini hal tersebut bermanfaat bagi pertumbuhan anak balitanya. Berdasarkan hasil analisis logistik faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi terhadap produk susu kambing adalah pengalaman mengkonsumsi susu kambing. Berdasarkan hasil analisis logistik juga dapat diketahui bahwa faktorfaktor yang mempengaruhi sikap ibu rumah tangga untuk memberikan produk susu kambing kepada anak balitanya adalah pengalaman mengkonsumsi susu kambing dan tingkat persepsi ibu rumah tangga terhadap produk susu kambing.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53085
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
Bab I317.03 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
Bab II291.11 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
Bab III314.89 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab IV461.09 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Keadaan Umum Daerah Penelitian.pdf
  Restricted Access
Bab V389.15 kBAdobe PDFView/Open
BAB VI Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
Bab VI359.83 kBAdobe PDFView/Open
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
Bab VII286.34 kBAdobe PDFView/Open
Cover.pdf
  Restricted Access
Cover303.73 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka288.94 kBAdobe PDFView/Open
H11arh.pdf
  Restricted Access
Full text852.99 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran353.39 kBAdobe PDFView/Open
Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan289.15 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.