Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52484
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWigena,Aji Hamim
dc.contributor.advisorKurnia, Anang
dc.contributor.authorKhoerudin, Asep
dc.date.accessioned2011-12-15T00:42:50Z
dc.date.available2011-12-15T00:42:50Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52484
dc.description.abstractAnalisis tingkat kesukaan konsumen terhadap suatu produk merupakan salah satu cara yang dilakukan produsen dalam mengevaluasi produk. Analisis ini memberikan penilaian pada berbagai aspek produk. Hasil penilaian ini penting bagi produsen untuk memperbaiki aspek yang harus ditingkatkan agar produknya tetap disukai konsumen. Pada umumnya data tentang tingkat kesukaan berskala ordinal. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisisnya adalah Bayesian Network (BN). Simple-Naïve Bayesian merupakan metode BN yang sering digunakan, tetapi asumsi kebebasan antar-peubah penjelas pada metode ini sering tidak terpenuhi sehingga berkembang berbagai metode alternatif untuk mengatasinya. Beberapa metode alternatif tersebut adalah BN Terboboti dengan algoritma Maximum Spanning Tree, Equivalence Classes, dan Semi-Naïve Bayesian dengan algoritma Backward Sequential Elimination (BSE), Forward Sequential Selection (FSS). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan membandingkan metode berdasarkan tingkat akurasi klasifikasi terbesar dalam klasifikasi tingkat kesukaan, serta menganalisis perubahan persentase pada setiap peubah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang memberikan tingkat akurasi terbesar dalam klasifikasi tingkat kesukaan adalah Metode Semi-Naïve Bayesian dengan algoritma BSE sebesar 94%. Struktur BN yang terbentuk merupakan struktur yang sama dengan simple-naïve Bayesian. Tingkat akurasi pada penelitian ini bernilai maksimum saat semua peubah penjelas dihubungkan dengan peubah respon. Aspek yang memiliki kontribusi terbesar pada tingkat kesukaan produk biskuit yang diteliti adalah rasa keju.en
dc.subjectanalisis tingkat kesukaanen
dc.subjectbayesian networken
dc.subjectmaximum spanning treeen
dc.subjectequivalence classesen
dc.subjectsemi-naïve Bayesianen
dc.subjectBSEen
dc.subjectFSSen
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Tingkat Kesukaan Konsumen dengan Metode Bayesian Network (Studi Kasus Produk Biskuit)en
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstract_ G11akh.pdf
  Restricted Access
Abstract287.47 kBAdobe PDFView/Open
G11akh.pdf
  Restricted Access
Full Text1.81 MBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan_ G11akh.pdf
  Restricted Access
BAB I501.49 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka_ G11akh.pdf
  Restricted Access
BAB II565.97 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metodologi_ G11akh.pdf
  Restricted Access
BAB III514.09 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan_ G11akh.pdf
  Restricted Access
BAB IV1.23 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Simpulan_ G11akh.pdf
  Restricted Access
BAB V375.13 kBAdobe PDFView/Open
Cover_ G11akh.pdf
  Restricted Access
Cover298.75 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka_ G11akh.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka380.01 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran_ G11akh.pdf
  Restricted Access
Lampiran976.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.