Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52367
Title: Analisis Tingkat Ketersediaan dan Daya Terima Makanan di Sekolah terhadap Tingkat Kecukupan Zat Gizi pada Siswa-Siswi SD Marsudirini, Parung, Bogor.
Analysis of the Availability Level and Food Acceptance in School Meals to the Nutrients Adequacy Level of Students at Marsudirini Elementary School in Parung, Bogor
Authors: Setiawan, Budi
Ekayanti, Ikeu
Paramita, Nadya Bellatrix
Keywords: school-meal
food acceptance
food preference
availability of food
energy
protein adequacy level
Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2011
Abstract: The general objective of this study was to analyze the availability level and food acceptance in school meals to the energy, protein, and other nutrients adequacy level from students. This study used cross-sectional design with methods of observation and interviewing using the questionaire at Marsudirini Elementary School in Parung, Bogor from May until June 2011. Sampling was done in purposive sampling. There were no significant diference (p>0.05) based on sex to the food acceptance in school meals. The nutritional status, family size, parental employmentare and maternal education were also not related significantly (p>0.05) to the food acceptance in school meals. Only the education of father had a negative related significantly (p<0.05) to the food acceptance in school meals (r=-0.272) and some aspect of food preference, such as appearance of food (r=-0.347), and the smell of food (r=-0.268). There were a significant (p<0.05) relationship between food acceptance in school meals to energy adequacy level, but there were no significant (p>0.05) relationship between food acceptance in school meals to protein adequacy level from students.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat ketersediaan dan daya terima makanan di sekolah terhadap tingkat kecukupan energi, protein, dan zat gizi lainnya dari tiap siswa. Tujuan khususnya yaitu (1) mengetahui sistem penyelenggaraan makanan yang dilakukan di Sekolah Marsudirini, (2) mengetahui karakteristik siswa (umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, sosial ekonomi keluarga) dan preferensi makanan siswa, (3) mengetahui daya terima siswa terhadap makanan yang disediakan oleh Sekolah Marsudirini, (4) mengetahui tingkat ketersediaan energi, protein, zat besi, kalsium, dan vitamin C dari menu makan siang dan selingan yang disediakan oleh penyelenggaraan makanan di Sekolah Marsudirini, (5) mengetahui asupan energi, protein, zat besi, kalsium, dan vitamin C dari makanan yang dikonsumsi di sekolah dan kontribusinya terhadap total konsumsi sehari dan angka kecukupan gizi siswa, (6) menganalisis hubungan karakteristik siswa (jenis kelamin dan sosial ekonomi) terhadap daya terima terhadap makanan yang disajikan oleh Sekolah Marsudirini, (7) menganalisis hubungan daya terima terhadap tingkat kecukupan energi dan protein siswa. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode observasi, wawancara, dan pengisian kuesioner secara mandiri di Sekolah Marsudirini, Telaga Kahuripan, Parung, Bogor dari awal bulan Mei-Juni 2011. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Populasi contoh merupakan siswa kelas 5 SD yang totalnya sebanyak 66 siswa, terdiri dari 4 kelas. Kriteria inklusi dalam pengambilan contoh adalah merupakan siswa-siswi Marsudirini kelas 5 SD (berusia 10-12 tahun), tidak sedang sakit, tidak mengalami gangguan/ alergi terhadap makanan yang disajikan oleh sekolah, serta mampu mengikuti penelitian secara lengkap dari awal hingga akhir. Berdasarkan kriteria inklusi tersebut, diperoleh contoh sebanyak 55 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi sistem penyelenggaraan makanan sekolah, menu makanan yang disediakan dalam penyelenggaraan makanan, karakteristik fisik siswa (berat badan dan tinggi badan), daya terima siswa terhadap menu yang disajikan, preferensi makanan siswa, ketersediaan makanan yang disediakan oleh sekolah, konsumsi siswa terhadap makanan yang disajikan sekolah, total konsumsi siswa dalam satu hari. Data sekunder meliputi gambaran umum sekolah dan karakteristik siswa (mencakup nama, umur, jenis kelamin, sosial ekonomi keluarga) berdasarkan informasi dari pihak sekolah. Data-data yang diperoleh, diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS Statistics 16.0 for windows.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/52367
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I11nbp.pdf
  Restricted Access
Full text2.38 MBAdobe PDFView/Open
Abstract_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
Abstract387.91 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB I401.34 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka_I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB II637.23 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Kerangka Pemikiran_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB III416.12 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Metode _ I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB IV512.66 kBAdobe PDFView/Open
BAB V Hasil dan Pembahasan_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB V1.09 MBAdobe PDFView/Open
BAB VI Simpulan_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
BAB VI396.98 kBAdobe PDFView/Open
Cover_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
Cover424.2 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka514.09 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran_ I11nbp.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.