Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51977
Title: Analisis Faktor-faktor Community Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Telkomsel School Community di SMP N 11 Bogor
Authors: Sarma, Ma’mun
Rowidah
Keywords: Bogor Agricultural University (IPB)
Issue Date: 2011
Abstract: Teknologi informasi yang semakin canggih dalam era globalisasi perlu diiringi dengan keunggulan kompetitif perusahaan yang efektif, kreatif, dan efisien, salah satunya di bidang pemasaran yaitu pelaksanaan pemasaran berbasis komunitas atau community marketing. Berbagai komunitas telah dibentuk oleh perusahaan sebagai wadah bagi pelanggan dari suatu perusahaan. Telkomsel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi khususnya operator seluler juga mengembangkan srtategi ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Telkomsel. Hal ini, mengingat Telkomsel merupakan perusahaan operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia. Oleh sebab itu, perlu diteliti penerapan community marketing yang telah dijalankan sampai saat ini terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mengidentifikasi penerapan Community Marketing pada Telkomsel School Community yang dibentuk oleh PT. Telkomsel, Tbk, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mendukung efektifitas Community Marketing pada Telkomsel School Community, 3) Menganalisis efektifitas Community Marketing pada Telkomsel School Community terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel. Penelitian dilakukan selama bulan Maret-April 2011 dengan mengambil data primer dari kuesioner yang diserahkan kepada 54 responden anggota komunitas Telkomsel School Community SMP N 11 Bogor. Pengambilan data sekunder diperoleh dari studi literatur serta data dari Telkomsel dan pihak sekolah. Kuesioner diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas agar bisa diandalkan menjadi instrumen penelitian. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Faktor dan Analisis Korelasi Rank-Spearman. Berdasarkan hasil analisis faktor, faktor-faktor yang mendukung efektifitas community marketing, apabila diurutkan dari yang paling dominan adalah media komunikasi, struktur organisasi, kedekatan personal, dan feature. Sedangkan faktor loyalitas yang paling dominan adalah refers others yaitu merekomendasikan produk kepada orang lain. Analisis korelasi Rank-spearman menunjukkan bahwa faktor-faktor dalam community marketing yang berhubungan positif dan nyata terhadap loyalitas pelanggan adalah faktor kedekatan personal dan program/kegiatan. Sedangkan, faktor media komunikasi, struktur organisasi, dan feature berhubungan secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan untuk program/kegiatan komunitas dan didukung melalui faktor-faktor yang lain untuk meningkatkan loyalitas.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51977
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11row_BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I399.78 kBAdobe PDFView/Open
H11row_BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II677.94 kBAdobe PDFView/Open
H11row_BAB III Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III366.02 kBAdobe PDFView/Open
H11row_BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB IV755.76 kBAdobe PDFView/Open
H11row_BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
  Restricted Access
BAB V324.49 kBAdobe PDFView/Open
H11row_Cover.pdf
  Restricted Access
Cover428.56 kBAdobe PDFView/Open
H11row_Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
daftar pustaka336.72 kBAdobe PDFView/Open
H11row_Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.09 MBAdobe PDFView/Open
H11row_Ringkasan.pdf
  Restricted Access
ringkasan317.82 kBAdobe PDFView/Open
H11row.pdf
  Restricted Access
Full text2.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.