Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51288
Title: Analisis strategi pemasaran restoran bakso sehat baks atom Bogor
Authors: Atmakusuma, Juniar
M. Syafriyansyah B.
Issue Date: 2011
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Konsep pendirian Bakso Sehat Bakso Atom berawal dari pemikiran bahwa tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan dan makan tidak hanya kenyang tetapi juga cukup gizi, maka diciptakan Bakso Sehat Bakso Atom (BSBA) dengan tag line “Sehat dimulai dari makanan sehat”. Salah satu outlet yang dijadikan tempat penelitian adalah BSBA Bogor. Berdasarkan data jumlah pengunjung dan jumlah bakso yang terjual, BSBA Bogor sejak beberapa bulan terakhir mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, yaitu persaingan dalam bisnis bakso, target jumlah pengunjung yang belum tercapai, dan pemasaran yang kurang optimal. Selama ini Bakso Sehat Bakso Atom Bogor dalam pemasarannya hanya melalui pemasangan spanduk dan penyebaran brosur di sekitar lokasi Bakso Sehat Bakso Atom Bogor. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji strategi bauran pemasaran yang telah dijalankan oleh BSBA Bogor, menganalisis kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi oleh BSBA Bogor, dan merumuskan alternatif strategi pemasaran terbaik dengan memperhatikan kondisi lingkungan perusahaan BSBA Bogor. Metode Pengolahan dan analisis data terdiri dari data deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi strategi. Adapun alat bantu analisis yang digunakan dalam merumuskan strategi perusahaan adalah matriks evaluasi faktor internal (matriks IFE), matriks evaluasi faktor eksternal (EFE), matriks IE (Internal- Eksternal), matriks SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kekuatan utama perusahaan adalah bersertifikat halal, BPOM, dan Kesmavet, sedangkan kelemahan utama adalah kurangnya promosi. Berdasarkan hasil analisis matriks EFE, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi peluang utama perusahaan adalah hubungan baik dengan pewaralaba, sedangkan ancaman utama perusahaan adalah tingkat persaingan restoran tinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51288
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H11msb.pdf
  Restricted Access
Full text3.89 MBAdobe PDFView/Open
H11msb_Cover.pdf
  Restricted Access
Cover279.82 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract279.21 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_BAB I Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I294.97 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II310 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_BAB III Kerangka Pemikiran.pdf
  Restricted Access
BAB III335.49 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_BAB IV Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB IV465.48 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_Kesimpulan.pdf
  Restricted Access
Kesimpulan282.94 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka280.36 kBAdobe PDFView/Open
H11msb_Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran3.55 MBAdobe PDFView/Open
H11msb_BAB VI Hasil dan Pembahasan.pdf
  Restricted Access
BAB VI366.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.