Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/50884
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRahardja, Sapta
dc.contributor.advisorSaleh, Amiruddin
dc.contributor.authorKusuma, Tonni
dc.date.accessioned2011-09-26T02:54:02Z
dc.date.available2011-09-26T02:54:02Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/50884
dc.description.abstractCV Septia Anugerah is one beef cattle company in Indonesia that can meet the need for beef cattle. In west java, beef marketing is mostly dominated by cattle companies or feedlots. They greatly help farmers with the marketing of their livestock and make it easy for the farmers to get cash money when they need it. Marketing the beef cattle through a marketing channel can make the commodity reach the consumers. Yet an inefficient or relatively long channel of marketing can cause loss for both breeders and consumers. The consumers would bear high cost of marketing, thus pay higher price; while the breeders would get lower income because of lower selling price as well. The resulted total scores for the matrix IFE and EFE were respectively 2,696 and 2,793 indicating that CV Septia Anugerah is in a stable position to respond to external situation and in average position to respond to its internal factors. The total score value of both IFE and EFE was to identify the position of CV Septia Anugerah. The matrix value of IE pointed to the middle cell position (V), i.e. growth/stable. The result of SWOT analysis was in the form of a formulated strategy, namely, the need for the implementation of a combination of the four marketing aspects (4Ps: products, price, place and promotion). The managerial implications of the aspects under the study can be grouped into four: (a) marketing, (b) financing, (c) production, and (d) human resource. Based on the calculation of QSP matrix, the most interesting strategy to apply is to expand the marketing network by penetrating the market with the highest value of attraction (4,949).en
dc.description.abstractPeternakan sebagai salah satu subsektor pertanian masih memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Usaha peternakan sapi potong di Indonesia khususnya menyangkut jalur pemasaran sapi potong belum banyak diatur oleh pemerintah. Usaha pemasaran sapi potong lebih banyak dikuasai oleh lembaga-lembaga pemasaran yang mempunyai skala usaha besar seperti perusahaan sapi, atau lebih dikenal dengan istilah feedlot, pedagang pengumpul dan jagal. Sapi potong merupakan salah satu komoditi peternakan yang dapat menghasilkan protein hewani. Berdirinya perusahaan-perusahaan peternakan sapi potong merupakan salah satu kondisi yang dapat membantu pemerintah dalam pembangunan peternakan sapi potong terutama dalam menyediakan daging sapi yang berkualitas, yang sesuai dengan kemampuan atau daya beli konsumen. CV Septia Anugerah merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang penjualan sapi potong yang dapat memenuhi kebutuhan akan ternak sapi potong. Di Jawa Barat usaha pemasaran sapi potong lebih banyak dikuasai oleh perusahaan sapi atau feedlot. Keberadaan feedlot di sisi lain sangat membantu petani dalam memasarkan ternaknya dan memudahkan petani mendapatkan uang tunai apabila peternak membutuhkan. Pemasaran ternak sapi potong dengan menggunakan jalur pemasaran dapat sampai di tangan konsumen. Jalur pemasaran yang tidak efisien atau relatif panjang menyebabkan kerugian, baik bagi peternak maupun konsumen. Konsumen akan terbebani dengan beban biaya pemasaran yang berat sehingga membayar dengan harga yang tinggi. Sedangkan bagi peternak, perolehan pendapatan menjadi lebih rendah karena harga penjualan yang diterima jauh lebih rendah. Tujuan kajian (a) untuk menganalisis kondisi usaha sapi potong CV Septia Anugerah, (b) untuk mengetahui strategi pemasaran dalam perdagangan sapi potong di CV Septia Anugerah, (c) untuk menyusun prioritas strategi pemasaran sapi potong CV Septia Anugerah.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectmarketing strategicen
dc.subjectmanagerialen
dc.subjectcattleen
dc.titleKajian Strategi Pemasaran Sapi Potong di CV. Septia Anugerah Jakartaen
dc.typeThesisen
Appears in Collections:MT - Professional Master

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2011tku.pdf
  Restricted Access
Full Text885.51 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_Abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract280.39 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_BAB I. Pendahuluan.pdf
  Restricted Access
BAB I292.98 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_BAB II. Tinjauan Pustaka.pdf
  Restricted Access
BAB II381 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_BAB III. Metode Penelitian.pdf
  Restricted Access
BAB III397.4 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_BAB IV. Hasil Pembahsana.pdf
  Restricted Access
BAB IV464.95 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_BAB V. kesimpulan.pdf
  Restricted Access
BAB V284.96 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_Cover.pdf
  Restricted Access
Cover297.88 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_Daftar Pustaka.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka290.2 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_Lampiran.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.33 MBAdobe PDFView/Open
2011tku_Ringkasan.pdf
  Restricted Access
Ringkasan289.78 kBAdobe PDFView/Open
2011tku_Riwayat Hidup.pdf
  Restricted Access
Riwayat Hidup275.93 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.