Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/49975
Title: Partisipasi masyarakat dalam program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan (PNPM-MP) (Kasus implementasi program ekonomi bergulir PNPM-MP di Desa Cimanggu I, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor)
The Community Participation in The Economic Rolling PNPM-MP Program
Authors: Purnaningsih, Ninuk
Swedianti, Karina
Keywords: Economic Rolling PNPM-MP Program
effectiveness of the program
individual characteristic
management program
community participation
Issue Date: 2011
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: This research is focused on The Community Participation Level in The Economic Rolling PNPM-MP Program and the effectiveness of the program. This research use quantitative approach with survay method. The respondent is people who participate in the program are 45 persons. Respondent is chosen with simple random sampling method. The goal of this research is to know: 1) to identify the community participation level in Economic Rolling PNPM-MP Program, 2) to identify the factors that have relation with the participation level in the implementation of Economic Rolling PNPM-MP Program, and 3) to analyse the relation between participation community level with effectiveness of the program. Based the result of the research, from four individual characteristic in comunity (age, education level, income level, and motivation) the education level and level the income leve have relation with the participation level. From four management program, the leadership program and the perception program have relation with participation level. The Community Participation level in The Economic PNPMMP Program has a relation with the effectiveness of the program.
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan salah satu program nasional yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan berfungsi untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja di tingkat pedesaan dan perkotaan yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2007. PNPM bersama-sama dengan masyarakat membuat program-program yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dengan menggunakan dua belas prinsip PNPM. Salah satu prinsip dasar PNPM yang dibutuhkan mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pengevaluasian program adalah partisipasi masyarakat sebagai pelaku utama dalam pelaksanaan program PNPM dan didukung oleh prinsip-prinsip dasar yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi tingkat partisipasi masyarakat dalam Program Ekonomi Bergulir di Desa Cimanggu I, Kecamatan Cibungbulang, 2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam implementasi Program Ekonomi Bergulir di Desa Cimanggu I, Kecamatan Cibungbulang, 3) Menganalisis hubungan antara tingkat partisipasi masyarakat dengan efektivitas Program Ekonomi Bergulir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cimanggu I, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan program, sehingga responden dalam penelitian ini adalah peserta program Ekonomi Bergulir PNPM-MP. Program PEB PNPM-MP adalah program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui PNPM Mandiri Perkotaan. Program PEB PNPM-MP menekankan pada pemberdayaan ekonomi yang dimulai sejak tahun 2008. Jumlah peserta program adalah 132 orang yang sebagian besar bermatapencaharian di bidang perdagangan. Dalam penelitian ini, resonden terdiri dari 45 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/49975
Appears in Collections:UT - Communication and Community Development

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
I11ksw.pdf
  Restricted Access
Full Text972.31 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.