Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/48972Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Anggraini, Dian | |
| dc.date.accessioned | 2011-07-26T01:34:50Z | |
| dc.date.available | 2011-07-26T01:34:50Z | |
| dc.date.issued | 2007 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/48972 | |
| dc.description.abstract | Tahanan gerak merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan dalam mennetukan daya mesin yang optimal untuk suatu kapal. Tahanan gerak yang dihasilkan oleh kasko kapal dapat mempengaruhi kekuatan pergerakan kapal saat berinteraksi dengan aliran air yang bersentuhan dengan badan kapal yang terkena air. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan nilai tahanan gerak pada keempat jenis model kasko kapal ikan tanpa bilge keel dan yang dilengkapi dengan bilge keel serta menentukan bentuk kasko ber-bilge keel yang menghasilkan tahanan gerak terkecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental yang dilakukan pada bulan Juni 2006 hingga Januari 2007 bertempat di Laboratorium flume tank, Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. | en |
| dc.publisher | IPB (Bogor Agricultural University) | |
| dc.title | Pengaruh pemasangan bilge keel pada kasko model kapal terhadap tahanan gerak kapal | en |
| Appears in Collections: | UT - Fisheries Resource Utilization | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| C07dan.pdf Restricted Access | Full Text | 3.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.