Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47449
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRina
dc.date.accessioned2011-07-07T03:17:52Z
dc.date.available2011-07-07T03:17:52Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47449
dc.description.abstractPersaingan bidang telekomunikasi di Indonesia ditandai dengan beragamnya promo yang ditawarkan sejumlah operator. Keberhasilan suatu promo dapat dilihat dari respon masyarakat terhadap promo tersebut. Salah satu indikatornya adalah penjualan stater pack atau kartu perdana seluler. Dengan menganalisis perubahan pola market share penjualan stater pack, dapat diketahui apakah promo yang ditawarkan suatu operator tersebut efektif. Perubahan pola ditandai dengan adanya titik perubahan atau breakpoint. Beberapa pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan metode pemulusan (smoothing) dan pendekatan change point analysis (CUSUM dan bootstrap). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola market share penjualan stater pack kartu seluler dan menerapkan pendekatan metode pemulusan (smoothing) dan change point analysis (CPA) dalam menentukan titik perubahan atau breakpoint. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harian market share penjualan stater pack sembilan provider (Brand A, Brand D, Brand E, Brand F, Brand G, Brand H, dan Brand I) kartu seluler 1 Januari 2008 sampai 22 Juli 2010 di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Sumatera Bagian Selatan, Bali dan Kalimantan. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan market share suatu provider dipengaruhi oleh provider lain. Saat suatu provider mengalami peningkatan, provider lain mengalami penurunan market share begitupun sebaliknya. Pada kelompok market share tinggi (Brand A, Brand D, dan Brand F), terjadi persaingan yang ketat antara ketiga provider. Selain itu, peluncuran promo-promo baru ternyata efektif meningkatkan market share para provider. Dari berbagai macam jenis promo yang ditawarkan, promo tarif telepon dan paket bonus lebih efektif meningkatkan market share penjualan kartu perdana.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectbreakpointen
dc.subjectmetode smoothingen
dc.subjectCUSUMen
dc.subjectbootstrapen
dc.subjectchange-point analysisen
dc.titlePenerapan CUSUM dalam penentuan breakpoint pada data time series: studi kasus market share penjualan stater pack kartu seluler di wilayah Indonesia Bagian Barat dan Tengahen
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstract_ G11rin.pdf
  Restricted Access
Abstract278.19 kBAdobe PDFView/Open
BAB I Pendahuluan_ G11rin.pdf
  Restricted Access
BAB I312.02 kBAdobe PDFView/Open
BAB II Tinjauan Pustaka_ G11rin.pdf
  Restricted Access
BAB II319.66 kBAdobe PDFView/Open
BAB III Metodologi_ G11rin.pdf
  Restricted Access
BAB III380.22 kBAdobe PDFView/Open
BAB IV Hasil dan Pembahasan_ G11rin.pdf
  Restricted Access
BAB IV8.54 MBAdobe PDFView/Open
BAB V Simpulan_ G11rin.pdf
  Restricted Access
BAB V281.51 kBAdobe PDFView/Open
Cover_ G11rin.pdf
  Restricted Access
Cover278.66 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka_ G11rin.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka281.51 kBAdobe PDFView/Open
G11rin.pdf
  Restricted Access
Full Text9.16 MBAdobe PDFView/Open
Lampiran_ G11rin.pdf
  Restricted Access
Lampiran833.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.