Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/46847
Title: Model spasial perubahan penggunaan lahan dan arahan penggunaan lahan berwawasan lingkungan (studi kasus DAS Cidanau, Provinsi Banten)
Other Titles: IPB (Bogor Agricultural University)
Authors: Sitorus, Santun R.P
Rustiadi, Ernan
Hardjomidjojo, Hartrisari
Gandasasmita, Komarsa
Munibah, Khursatul
Issue Date: 2008
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Model merupakan salah satu pendekatan untuk mempelajari suatu sistem yang terjadi di alam ini. Pemodelan dengan pendekatan sistem dinamis umumnya bersifat dinamik dalam waktu, sehingga dapat memprediksi kondisi waktu yang akan datang. Sementara itu, pemodelan dengan pendekatan sistem informasi gografik (SIG) berbasis data spasial sehingga dapat menyajikan hasil secara spasial. Adapun pemodelan yang merupakan kombinasi keduanya, yaitu pemodelan berbasis spasial dan bersifat dinamik, dapat dibangun dengan pendekatan Cellular Automata (CA).
Model merupakan salah satu pendekatan untuk mempelajari suatu sistem yang tetjadi di alam ini. Pemodelan dengan pendekatan sistem dinamis urnumnya bersifat dinamik dalam waktu, sehingga dapat memprediksi kondisi waktu yang akan datang. Sementara itu, pemodelan dengan pendekatan sistem informasi geografik (SIG) berbasis data spasial sehingga dapat menyajikan hasil secara spasiaJ. Adapun pemodelan yang merupakan kombinasi keduanya, yaitu pemodelan berbasis spasial dan bersifat dinamik., dapat dibangun dengan pendekatan Cellular AU/lJmato (CA). Model ini dapat memprediksi kondisi di waktu yang akan datang secara spasial. Pemodelan dengan pendekatan CA menggunakan unit anal isis raster, namun sebagian besar data spasial dalam format velnor, oleh karena itu, perlu dilakukan transformasi data spasial dari format vektor ke raster. Alasan lain adalah perubahan penggunaan lahan tetjadi secara bertahap, tidak tetjadi dalam satu poligon besar secara sekaligus. Perubahan penggunaan laban secara bertahap ini akan lebih mudah diekspresikan dalam model bila unit' analisisnya adalah format raster. DAS Cidanau berfungsi sebagai daerah tangkapan air, terutama bagi industri di Kota Cilegon, oleh karena itu keberadaan DAS Cidanau unnik tetap lestari menjadi sangat penting. Sementara itu, erosi yang tetjadi di DAS Cidanau sebesar 146 tonlhaltahun, sedimentasi pada Rawa Danau sebesar 479 tontha/tahun (Setiawan et oJ. 1999). Selain itu, selama tahun 1980 hingga 1997 telah tetjadi penurunan rata-rata debit bulanan sebesar 7,2 m3/detik (KTI 1999). Oleh karena itu, pemilihan DAS Cidanau sebagai daerah penelitian sangat tepat untuk mengantisipasi kelestarian DAS tersebut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menyusun model spasial perubahan penggunaan lahan dengan pendekatan Cellular AutomaJo yang didukung dengan empat tujuan antara., yaitu: (I) mengkaji kesesuaian lahan dan perubahan penggunaan laban, (2) mengkaji penggunaan lahan hasil simulasi model terhadap estirnasi erosi, (3) mengkaji hubungan antara jurnlah penduduk dengan luas lahan pertanian dan permukirnan, (4) menyusun arahan penjbaunaan lahan berwawasan lingkungan, dimana estimasi erosi aktual (A) lebih kecil dari erosi yang ditoleransi (TSL).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/46847
Appears in Collections:DT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2008kmu1.pdf
  Restricted Access
full text7.83 MBAdobe PDFView/Open
ABSTRACT.pdf
  Restricted Access
Abstract333.82 kBAdobe PDFView/Open
BAB I PENDAHULUAN.pdf
  Restricted Access
BAB I583 kBAdobe PDFView/Open
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
  Restricted Access
BAB II1.57 MBAdobe PDFView/Open
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB III1.04 MBAdobe PDFView/Open
BAB IV KONDISI UMUM DAERAH PENELITIAN.pdf
  Restricted Access
BAB IV786.57 kBAdobe PDFView/Open
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
  Restricted Access
BAB V3.1 MBAdobe PDFView/Open
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
  Restricted Access
BAB VI709.93 kBAdobe PDFView/Open
COVER.pdf
  Restricted Access
Cover287.64 kBAdobe PDFView/Open
LAMPIRAN.pdf
  Restricted Access
Lampiran971.19 kBAdobe PDFView/Open
RINGKASAN.pdf
  Restricted Access
Ringkasan413.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.