Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40923
Title: Pengaruh Penyuluhan Gizi dan Stimulasi Psikososial terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah
Authors: Khomsan, Ali
Patmonodewo, Soemiarti
Riyadi, Hadi
Muchtadi, Deddy
Yuliana
Issue Date: 2007
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Perhatian besar dalam usaha meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dewasa ini adalah usaha mempersiapkan generasi muda melalui pembinaan gizi, kesehatan dan stimulasi perkembangan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh penyuluhan gizi-kesehatan dan faktor lainnya terhadap pertumbuhan anak usia prasekolah, dan 2) menganalisis pengaruh stimulasi psikososial terhadap lingkungan pengasuhan anak dan perkembangan anak usia prasekolah. Penelitian menggunakan disain quasi experiment non randomized control group pre-test – post test yang dilakukan di Bogor. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposif yaitu Desa Sinarsari dan Desa Neglasari Kecamatan Dramaga dan Desa Cibanteng Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Total contoh 70 anak beserta ibunya. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Untuk menganalisis perbedaan dilakukan analisis uji beda ( t-test). Untuk melihat faktor-faktor yang pengaruh digunakan analisis regresi linier berganda. Guna melihat efek dari perlakuan stimulasi terhadap lingkungan pengasuhan dan perkembangan anak, dilakukan analisis kovarian dengan data tes awal sebagai kovariat dan grup perlakuan sebagai fixed factor. Penyuluhan gizi-kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan gizikesehatan ibu secara signifikan (berkisar dari 3.4 – 4.9 poin). Rata-rata pertumbuhan anak sebelum dan setelah intervensi berdasarkan indikator berat badan menurut tinggi badan (BB/TB) termasuk normal. Namun terdapat sekitar 11.5% - 14.3% tergolong wasting/kurus. Sebanyak 51.3% pertumbuhan anak (BB/TB) ditentukan oleh faktor keluarga (besar keluarga, pendapatan, pengetahuan gizi-kes ibu), faktor anak (urutan anak, BB lahir, PB lahir, morbiditas, NRTKG) dan intervensi. Panjang badan lahir dan pengetahuan gizikes ibu berpengaruh positif pada pertumbuhan anak. Stimulasi psikososial yang diberikan berupa diklat dan disertai pelaksanaan program Ibuku Guru Kami dengan metode kelompok belajar di rumah berpengaruh positif signifikan terhadap lingkungan pengasuhan dan perkembangan anak. Stimulasi psikososisal yang diberikan tersebut dapat meningkatkan lingkungan pengasuhan sebesar 6.2 poin, perkembangan kognitif anak meningkat 12.6 poin, psikomotor meningkat 20.9 poin dan sosial emosional meningkat 10.2 poin. Sedangkan stimulasi psikososial tidak lengkap hanya meningkatkan lingkungan pengasuhan sebesar 1.6 poin, kognitif meningkat sebesar 4.3 poin, psikomotor meningkat 6.3 poin dan sosial emosional meningkat 2.0 poin. Pendapatan perkapita merupakan faktor lain yang berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan kognitif, psikomotor dan sosial emosional anak. Disamping itu, kepribadian anak juga turut berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan psikomotor anak.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40923
Appears in Collections:DT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover_2007yul.pdf
  Restricted Access
Cover329.93 kBAdobe PDFView/Open
Pendahuluan_2007yul-2.pdf
  Restricted Access
BAB I298.23 kBAdobe PDFView/Open
Tinjauan Pustaka_2007yul-3.pdf
  Restricted Access
BAB II464.71 kBAdobe PDFView/Open
Kerangka Pemikiran_2007yul-4.pdf
  Restricted Access
BAB III283.24 kBAdobe PDFView/Open
Metode Penelitian_2007yul-5.pdf
  Restricted Access
BAB IV319.25 kBAdobe PDFView/Open
Hasil dan Pembahasan_2007yul-6.pdf
  Restricted Access
BAB V834.46 kBAdobe PDFView/Open
2007yul.pdf
  Restricted Access
Full Text1.15 MBAdobe PDFView/Open
2007yul_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract58.38 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.