Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40860
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSitorus, Santun R.P.
dc.contributor.advisorMarimin
dc.contributor.advisorPrasetyo, Lilik Budi
dc.contributor.advisorPoerwo, I.F. Poernomosidhi
dc.contributor.authorMansyur, Umar
dc.date.accessioned2010-10-19T06:32:15Z
dc.date.available2010-10-19T06:32:15Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40860
dc.description.abstractKota Metropolitan Makassar mempunyai berbagai permasalahan perkotaan terutama sistem transportasi pelayanan angkutan umum. Permasalahan angkutan umum penumpang non-bus/AUPNB (pete-pete) multi dimensi dan multi aktor seperti ketidaknyamanan dan kurang aman, tarif dan rute/trayek yang kurang tertata dan tidak merata, pola rute yang memaksakan transfer, kelebihan penumpang pada jam sibuk dan sebaliknya, prilaku pengemudi dalam berkendaraan, kondisi internal dan eksternal sistem operator serta polusi dan kebisingan yang diakibatkan oleh kendaraan disamping semakin banyaknya jalur jalan rawan macet dan meningkatnya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Secara umum akar permasalahan adalah ketidakterpaduan kebijakan dalam pengelolaan AUPNB dan kebijakan rencana tata ruang kota sebagai satu kesatuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dalam mengkaji aspek transportasi berkelanjutan khususnya dalam membantu pengambil keputusan dalam pengelolaan AUPNB, bertujuan untuk merancang model pengelolaan transportasi AUPNB berkelanjutan yang terintegrasi dengan rencana tata ruang kota melalui penilaian kinerja pola trayek/rute eksisting, analisis besaran sistem pentarifan dan radius pelayanan, dan identifikasi dan penataan kawasan atau koridor yang rawan atau berpotensi meningkat polusinya akibat emisi gas buang. Untuk mencapai tujuan yang berorientasi pada pemecahan masalah di atas, maka dilakukan penelitian dalam empat tahap yaitu menilai kinerja rute/trayek dengan statistik deskriptif, menganalisis sistem pentarifan dan layanan dengan standar operasional, mengidentifikasi emisi gas buang dan penataan kawasan dengan AHP (Analytical Hierarchy Process), dan merancang model prioritas kebijakan dengan MPE (Metode Perbandingan Eksponensial), Model Lowry dan SIG (Sistem Informasi Geografis).id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleModel Pengelolaan Transportasi Angkutan Umum Penumpang Non-Bus Berkelanjutan Kota Makassarid
dc.title.alternativeIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.keywordspatial management
dc.subject.keywordroute pattern
dc.subject.keywordlevel of services
dc.subject.keywordtransport supply
dc.subject.keywordroad condition
Appears in Collections:DT - Multidiciplinary Program

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover 2008uma.pdf
  Restricted Access
Cover351.01 kBAdobe PDFView/Open
Cover 2008uma.ps
  Restricted Access
Postcript7.61 MBPostscriptView/Open
Bab 1 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 1325.83 kBAdobe PDFView/Open
Bab 2 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 2346.43 kBAdobe PDFView/Open
Bab 3 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 3971.33 kBAdobe PDFView/Open
Bab 4 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 4845.53 kBAdobe PDFView/Open
Bab 5 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 5489.88 kBAdobe PDFView/Open
Bab 6 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 6664.26 kBAdobe PDFView/Open
Bab 7 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 7341.54 kBAdobe PDFView/Open
Bab 8 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 83.01 MBAdobe PDFView/Open
Bab 9 2008uma.pdf
  Restricted Access
Bab 9 290.83 kBAdobe PDFView/Open
Dapus 2008uma.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka313.57 kBAdobe PDFView/Open
Penutup 2008uma.pdf
  Restricted Access
Penutup286.85 kBAdobe PDFView/Open
2008uma.pdf
  Restricted Access
Full Text4.85 MBAdobe PDFView/Open
2008uma_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract14.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.