Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/34551
Title: Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Status Anemia Mahasiswa USMI IPB 2002/2003
Authors: Maharani, Indah Irma
Issue Date: 2003
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Berbagai masalah gizi masih diderita olch sebagian masyarakat di Indonesia dan salah satu masalah gizi utama di antaranya adalah anemia yang umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Remaja, tennasuk mabasiswa merupakan salah satu kelompok yang ra\Wl1 terhadap masalah anemia yang dapat mengakibatkan berbagai macam dampak merugikan. Mengingat anemia dapat berdampak parla penunman konsentrasi belajar dan ketahanan fisik remaja. khususnya mahasiswa. maka penelitian ini ingin menganalisis faktor-faktor risika terjadinya anemia pada mahasiswa USMI IPB 200212003. Penelitian ini mcnggunakan data yang telah dikumpulkan oteh Poliklinik IPB (data penyakit). Panitia Penerimaan Mahasiswa Barn IPB (data sasial ekonomi), serta Klinik Konsultasi Om & Klub Diet OMSK (data status gizi). Mengingat peubah respon (status anemia) yang digunakan bersifat biner (dikhotom). maka digunakan regresi logistik untuk menganalisis faktor risiko anemia. Dari 1907 mahasiswa USMI IPB 200212003, terdapat sebanyak 208 (10.91%) mahasiswa yang menderita anemia. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik didapatkan bahwa faktor risiko yang secara signifikan mempengaruhi status anemia mahasiswa USMI IPB 200212003 adalah faktor jenis kelamin, umur, pendapatan orang tua, dan status proteinuria. Mahasiswa USMI IPB 200212003 cenderung Wltuk menderita anemia apabila ia seorang perempuan, berumur kurang dari 18 tahun, pendapatan orang tua relatif rendah, dan mengalami proteinuria.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/34551
Appears in Collections:UT - Statistics and Data Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
G03iim.pdf
  Restricted Access
Full Text692.44 kBAdobe PDFView/Open
G03iim_abstract.pdf
  Restricted Access
abstract303.46 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.