Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/33036
Title: Sekolah Alam sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan dalam Rangka Mengatasi Krisi Ekologi (Studi KAsus School of Universe, Parung, Bogor)
Authors: Syarifuddin, Hidayat
Amalia, Firina
Khairunnisa N.
Lusiana Putri R.
Issue Date: 2008
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Penelitian ini menekankan kepada hubmgan antara krisis ekologi dengan pendidikan lingkungm yang ada di dolorn sekolah alum dm penerapan kurikulum sekolah alnm ymg di ddamnya menggunab pendidih lingkungan yang terhtegrasi. Pengumpuim &a dilahkm dengan metode wawrmcm4 observasi dm studi literafur. Wawancara dm observasi dilakuh di di School of Universe, Pmung, B o p . Hasil penelitian memmjukkan bahwa Sekolah dm &ah sekolah dengan konsep pendidikon berbasis alum semesta. Sekolah olmn memiliki empar pilm proses pembelajman mtma Iain akhlak logic science, kepemimpinan, a h kewirwahan. Dalm proses pembelajmnnya sekolah dam telah menerapkan empat prinsip ekologi, yaitu holistik keberlanjutan, kemekaragamun, drm keseimbangan . Penerapan sistem pembelajaran ymg meintegrasikan prinsip ekologi di sekolah a h membentuk genermi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kepedulian lingkrmgan yang besar. Hal ini a h menimbulh suatu kesadaran lingkungan ymg akan dapat menyelesaikan masalah krisis ekologi
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/33036
Appears in Collections:PKM - Penulisan Ilmiah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
sekolah alam sebagai.psPenulisan Ilmiah686.27 kBPostscriptView/Open
sekolah alam sebagai.pdfPenulisan Ilmiah1.73 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.