Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/32266
Title: Membangun Advokasi Layanan Perpustakaan Nasional melalui Penerapan Konsep "The Friends of The Library"
Authors: Mustafa, B.
Issue Date: 2005
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Konsep dan implementasi “The Friends Of the Library (FOL)” di luar negeri sudah lama dikenal. Bahkan sebuah Perpustakaan Nasional di Afrika sudah memanfaatkannya sejak tahun 1955 untuk mengembangkan citra dan layanan perpustakaan. Di Amerika, FOL yang sangat populer dikenal dengan istilah FOLUSA (The Friends of the Library of the United States of America) sejak lama secara sistematis dikembangkan di seluruh negara bagian dan secara nasional untuk advokasi perpustakaan. FOLUSA terbukti berhasil mendorong peningkatan citra dan layanan perpustakaan di Amerika. FOL, walau memang lebih intensif dimanfaatkan oleh jenis perpustakaan nasional dan perpustakaan umum, sesungguhnya dapat pula dimanfaatkan oleh jenis perpustakaan lain, misalnya perpustakaan perguruan tinggi atau perpustakaan sekolah sekalipun. Dalam membangun FOL atau dalam bahasa Indonesia disarankan untuk diterjemahkan sebagai Sahabat Perpustakaan (SP), banyak hal yang perlu diperhatikan agar keberadaannya efektif dan berkesinambungan. Dalam artikel ini dibahas berbagai hal mengenai SP, termasuk tujuan, cara mendirikan, organisasi, teknik pengumpulan dana, penghimpunan anggota, ragam kegiatan dan sebagainya, untuk tujuan peningkatan citra dan layanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui advokasi perpustakaan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/32266
Appears in Collections:Librarian

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
the-friend-of-the-national-library-of-indo-2005-ok.docPublications149.15 kBMicrosoft WordView/Open
the-friend-of-the-national-library-of-indo-2005-ok.pdfPublications126.88 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
the-friend-of-the-national-library-of-indo-2005-ok.psPostScript2.47 MBPostscriptView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.