Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27259
Title: Kajian Strategi Pemasaran Sarana Transportasi Laut PT. PELNI di Kawasan Indonesia Bagian Timur
Authors: Hubeis, Musa
Fitriani
Issue Date: 2010
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: PT. Pelni merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. Dalam menghadapi persaingan yang ketat seprti sekarang, PT. Pelni memerlukan strategi pemasaran efektif dan efisien yang dapat membantu meningkatkan keuntungannya. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan pemasaran PT. Pelni, (2) Mengidentifikasi lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dalam pemasaran PT. Pelni dan (3) Menyusun strategi pemasaran yang sesuai bagi PT. Pelni. Penelitian dilaksanakan pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), dan dilakukan di gedung PT. Pelni, Jakarta. Penarikan contoh dengan teknik purposive sampling yaitu responden dipilih secara sengaja yang terdiri dari manajer pemasaran, manajer pengembangan usaha dan tiga staf ahli pemasaran yang mewakili perusahaan, serta memiliki pengetahuan dan wewenang mengenai data dan informasi terkait. Data dalam penelitian adalah data primer dan sekunder, yang diolah secara kuantatif dengan program Microsoft Excel. Analisis data dimulai dengan mengindentifikasi faktor internal (I) dan ekstenal (E), lalu dianalisis dengan pendekatan strategi dengan tahapan : (1) tahap input, menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), (2) tahap pencocokan, dengan matriks Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT), dan (3). tahap keputusan dengan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Dari analisis lingkungan internal dan eksternal dapat diidentifikasi tujuh faktor internal yang menjadi kekuatan dan enam faktor kelemahan, lima faktor eksternal yang menjadi peluang dan lima faktor yang menjadi ancaman bagi PT. Pelni, dituangkan ke dalam matriks IE berada pada sel I (strategi Grow and Build). Hasil dari analisis SWOT adalah Strategi S-O : Market Development Strategy, strategi S-T (Product Development Strategy), strategi W-O (Market Penetration Strategy), dan Strategi W-T (Brand Image Strategy). Dari hasil penentuan prioritas dengan analisis matriks QSP, dihasilkan prioritas strategi Market Development Strategy (nilai TAS 5,913), yaitu meningkatkan pangsa pasar dengan fokus ke pasar pedagang dan kalangan menengah kebawah, menggunakan jasa pelayanan kapal laut menuju ke tempat tujuan (nilai TAS 5,913).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27259
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
H10fit_abstract.pdf
  Restricted Access
Abstract204.61 kBAdobe PDFView/Open
H10fit_abstract.ps
  Restricted Access
PostScript474.84 kBPostscriptView/Open
H10fit.pdf
  Restricted Access
Full Text1.4 MBAdobe PDFView/Open
Cover H10fit.pdf
  Restricted Access
Cover297.57 kBAdobe PDFView/Open
Bab I Pendahuluan H10fit-3.pdf
  Restricted Access
Bab I 381.02 kBAdobe PDFView/Open
Bab II Tinpus H10fit-4.pdf
  Restricted Access
Bab II479.24 kBAdobe PDFView/Open
Bab III Metodologi H10fit-5.pdf
  Restricted Access
Bab III452.82 kBAdobe PDFView/Open
Bab IV Hasil H10fit-6.pdf
  Restricted Access
Bab IV657.09 kBAdobe PDFView/Open
Bab V Kesimpulan H10fit-7.pdf
  Restricted Access
Bab V329.96 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka H10fit-8.pdf
  Restricted Access
Daftar Pustaka356.36 kBAdobe PDFView/Open
Lampiran H10fit-9.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.