Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171517| Title: | Strategi Peningkatan Employee Engagement Dosen Generasi Z di Perguruan Tinggi Indonesia |
| Other Titles: | Strategies to Enhance Employee Engagement of Generation Z Lecturers in Indonesian Higher Education. |
| Authors: | Kartika, Lindawati Sembiring, Indra Refipal Nurhakiim, Rizky Fadhillah |
| Issue Date: | 2025 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Perguruan tinggi di Indonesia tengah mengalami tantangan dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik akibat semakin banyaknya dosen yang mendekati masa pensiun, di saat jumlah mahasiswa terus mengalami peningkatan. Kondisi ini menjadikan upaya regenerasi dosen sebagai prioritas penting, di mana Gen Z muncul sebagai kelompok potensial dengan karakteristik dan ekspektasi kerja yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan employee engagement dosen Gen Z sebagai strategi dalam mempertahankan talenta muda dan memberikan kontribusi optimal bagi keberlanjutan perguruan tinggi. Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil menunjukkan bahwa faktor paling berpengaruh adalah career growth opportunity, dengan aktor yang paling berperan yaitu pimpinan Perguruan Tinggi dan tujuan prioritas yang ingin dicapai yaitu meningkatkan retensi dan mengurangi turnover. Strategi yang dinilai paling efektif adalah Adaptive Career Acceleration Program. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171517 |
| Appears in Collections: | UT - Management |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| cover_H2401211024_b4c22d9567714b218d85a491364ddbbf.pdf | Cover | 1.28 MB | Adobe PDF | View/Open |
| fulltext_H2401211024_83f26538716143648bac72625ff3eaf5.pdf Restricted Access | Fulltext | 4 MB | Adobe PDF | View/Open |
| lampiran_H2401211024_3e0e599c06b9450a96fc1d8b2b2cfc10.pdf Restricted Access | Lampiran | 1.4 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.