Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171517
Title: Strategi Peningkatan Employee Engagement Dosen Generasi Z di Perguruan Tinggi Indonesia
Other Titles: Strategies to Enhance Employee Engagement of Generation Z Lecturers in Indonesian Higher Education.
Authors: Kartika, Lindawati
Sembiring, Indra Refipal
Nurhakiim, Rizky Fadhillah
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Perguruan tinggi di Indonesia tengah mengalami tantangan dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik akibat semakin banyaknya dosen yang mendekati masa pensiun, di saat jumlah mahasiswa terus mengalami peningkatan. Kondisi ini menjadikan upaya regenerasi dosen sebagai prioritas penting, di mana Gen Z muncul sebagai kelompok potensial dengan karakteristik dan ekspektasi kerja yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan employee engagement dosen Gen Z sebagai strategi dalam mempertahankan talenta muda dan memberikan kontribusi optimal bagi keberlanjutan perguruan tinggi. Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil menunjukkan bahwa faktor paling berpengaruh adalah career growth opportunity, dengan aktor yang paling berperan yaitu pimpinan Perguruan Tinggi dan tujuan prioritas yang ingin dicapai yaitu meningkatkan retensi dan mengurangi turnover. Strategi yang dinilai paling efektif adalah Adaptive Career Acceleration Program.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171517
Appears in Collections:UT - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_H2401211024_b4c22d9567714b218d85a491364ddbbf.pdfCover1.28 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_H2401211024_83f26538716143648bac72625ff3eaf5.pdf
  Restricted Access
Fulltext4 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_H2401211024_3e0e599c06b9450a96fc1d8b2b2cfc10.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.