Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171243
Title: Formulasi Flakes Berbasis Talas dan Kacang Hitam sebagai Alternatif Sarapan Tinggi Serat Anak Usia Sekolah
Other Titles: Formulation of Taro and Black Turtle Bean Flakes as a High-Fiber Breakfast Alternative for School-Age Children
Authors: Nasution, Zuraidah
Angella
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Kekurangan serat masih menjadi permasalahan gizi yang sangat tinggi di Indonesia, khususnya pada anak usia sekolah yang membutuhkan asupan optimal untuk menunjang pertumbuhan dan konsentrasi belajar. Talas merupakan pangan sumber karbohidrat lokal dan kacang hitam merupakan pangan kaya protein serta serat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk flakes berbasis talas (Colocasia esculenta L.) dan kacang hitam (Phaseolus vulgaris) sebagai sarapan tinggi serat untuk anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga formulasi (tepung talas:tepung kacang hitam), yaitu F1 (90:10), F2 (55:45), dan F3 (20:80). F2 ditetapkan sebagai formula terpilih dengan mempertimbangkan hasil uji organoleptik dan kandungan gizi. Flakes terpilih mengandung air 2,46%, abu 2,29%, lemak 10,07%, protein 9,92%, karbohidrat 75,25%, dan serat pangan total 17,21%. Formula terpilih flakes per takaran saji dapat menyumbang 7,55–9,15% angka kebutuhan energi anak usia sekolah 7–12 tahun dan berpotensi untuk diklaim sebagai produk tinggi serat.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171243
Appears in Collections:UT - Nutrition Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I1401211080_5315c88f763248a3a6ee09a13cb94fda.pdfCover386.64 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_I1401211080_190878dc5fa44ce399a18d63eae7fe2a.pdf
  Restricted Access
Fulltext854.57 kBAdobe PDFView/Open
lampiran_I1401211080_e7776a7c2b62485d9d9954d00310da48.pdf
  Restricted Access
Lampiran258.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.