Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171094
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorFahmi, Idqan
dc.contributor.authorKrismawati, Ellif
dc.date.accessioned2025-09-16T03:43:21Z
dc.date.available2025-09-16T03:43:21Z
dc.date.issued2006-02-06
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171094
dc.description.abstractDari tahun ke tahun terutama setelah krisis tahun 1998, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tergantung pada sektor konsumsi. Oleh karena itu baik pihak perbankan atau perusahaan non bank sangat antusias mengalokasikan kreditnya di sektor konsumsi dengan mengeluarkan jasa-jasa di bidang perkreditan atau pinjaman yang bersifat konsumtif dibandingkan kredit modal kerja dan investasi yang dipandang masih beresiko. Jasa-jasa tersebut seperti kartu kredit, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit konsumsi tanpa angsuran (cash advance), kredit pemilikan apartemen (KPA), kredit cicilan kendaraan bermotor (KCM), dan kredit cicilan mobil. Kartu kredit merupakan salah satu kredit konsumtif yang saat ini semakin marak di pasar. Hal ini seiring dengan meningkatnya populasi masyarakat dan bergeraknya kembali perekonomian Indonesia. Kebutuhan masyarakat yang semakin banyak dan kecenderungan masyarakat berlaku seefisien mungkin, menyebabkan banyak masyarakat yang sudah mempunyai kartu kredit khususnya di kota-kota besar. Selain itu banyaknya pemegang kartu kredit yang mempunyai lebih dari satu kartu kredit, mengakibatkan jumlah kartu kredit yang beredar di pasar semakin banyak yang ditunjang banyaknya penerbit kartu kredit yang bermunculan. Tidak salah jika pihak perbankan dan perusahaan non bank melihatnya sebagai kesempatan yang besar untuk merebut para pelanggan dengan strateginya untuk menguasai pasar. Kondisi tersebut membawa perubahan terhadap perilaku konsumen dalam berkonsumsi suatu barang dan jasa dan pola pembayarannya baik yang membayar secara penuh dan ada yang mencicil. Bagi yang masih memiliki daya beli, walaupun baru, pola konsumtif sangat terlihat dalam perilakunya berkonsumsi dan pola penggunaan kartu kredit. Persaingan kartu kredit ini dapat dilihat melalui maraknya iklan di televisi, radio, media cetak atau papan billboard dengan ukuran besar di pinggir jalan. Semuanya memberikan tawaran yang menarik dan berbagai kemudahan bagi para pemegang kartu kredit. Sejumlah bank dan perusahaan non bank yang gencar berpromosi untuk merebut pangsa pasar kartu kredit antara lain HSBC, GE Finance Indonesia, Bank Permata, Bank BNI, Bank BRI, Bank BII, Bank Mandiri, BCA, Bank Danamon, Bank Niaga, Standard Chartered, ataupun Citibank, dan lain-lain. Bertitik tolak pada kondisi tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan karakteristik demografi dan pola penggunaan kartu kredit antara pemilik kartu kredit yang membayar penuh dan mencicil, (2) Faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pola penggunaan kartu kredit, dan (3) Bagaimana strategi pemasaran yang sesuai bagi pemasar kartu kredit. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Menganalisa perbedaan karakteristik demografi dan pola penggunaan kartu kredit antara pemilik kartu kredit yang membayar penuh dan mencicil, (2) Menganalisa faktor faktor yang berhubungan dengan pola penggunaan kartu kredit, dan (3) Merumuskan strategi pemasaran yang sesuai bagi pemasar kartu kredit.....dst.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleAnalisis Segmentasi Demografi dan Pola Penggunaan Pemegang Kartu Kredit Berdasarkan Pola Pembayaranid
dc.title.alternativeDemographic Segmentation Analysis and the Usage Pattern of Credit Card Holder Based on Payment Methodid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordKartu Kreditid
dc.subject.keywordCardholderid
dc.subject.keywordData Sekunderid
dc.subject.keywordPerilaku Konsumenid
dc.subject.keywordAnalisis Multivariateid
dc.subject.keywordAnalisis Diskriminanid
dc.subject.keywordAnalisis Diskriptifid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
E2006ELK.pdf
  Restricted Access
7.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.