Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170649
Title: Riset Pengaruh Digital Nudge Misi Tanam Pohon terhadap Pengguna E-Commerce dalam Membentuk Konsumsi yang Bertanggung Jawab
Other Titles: Examining the Influence of the Digital Nudge Misi Tanam Pohon on E-Commerce Users Responsible Consumption Behavior
Authors: Ahmad, Hafidlotul Fatimah
Nurhadryani, Yani
APRILIA, DINDA REGISTA
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Di balik kenyamanan belanja daring terdapat tantangan lingkungan yang signifikan yakni peningkatan limbah plastik dan polusi dari kendaraan kurir paket. Dibutuhkan adanya pendekatan untuk mendorong perilaku konsumsi yang lebih bertanggung jawab. Pengaruh digital nudge Misi Tanam Pohon diimplementasikan oleh platform e-commerce Si Biru terhadap sikap (attitudinal) dan perilaku (behavioral) pengguna bertujuan untuk membentuk konsumsi yang bertanggung jawab. Metode yang digunakan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner SRPD (Socially Responsible Purchase and Disposal), uji pengguna (user testing), dan wawancara semi-terstruktur. Sebanyak 18 responden dilibatkan dalam penelitian. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki kepedulian terhadap isu lingkungan, tetapi belum terlibat aktif dalam mengikuti Misi Tanam Pohon sebagai fitur digital nudge. Pengaruh fitur tersebut dinilai belum cukup menonjol dari sisi desain maupun komunikasi visual dalam membentuk konsumsi yang bertanggung jawab.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170649
Appears in Collections:UT - Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_G6401211012_24505459616a402392a2fc72643130b5.pdfCover546.81 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_G6401211012_a7d81bccdbd9425da4918b5907203a1c.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.13 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_G6401211012_512b59339d5f452eb7dadad0348c40e9.pdf
  Restricted Access
Lampiran656.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.