Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170519
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAsnawi, Yudha Heryawan-
dc.contributor.advisorSaptono, Imam Teguh-
dc.contributor.authorLestariningsih, Indah-
dc.date.accessioned2025-08-27T02:11:54Z-
dc.date.available2025-08-27T02:11:54Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170519-
dc.description.abstractRumah sakit adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perseorangan secara paripurna. Setiap rumah sakit harus menyelenggarakan tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik. Kualitas pelayanan merupakan konsep dari suatu pengukuran kualitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari kehandalan, ketanggapan, keyakinan atau jaminan, perhatian, dan tampilan fisik atau berwujud. Sebagai salah satu organisasi publik yang didirikan dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, keberhasilan rumah sakit diukur melalui efektivitas dan efisiensi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu rumah sakit harus menetapkan indikator- indikator dan target pengukuran kinerja yang berorientasi kepada masyarakat. Di antara berbagai metode untuk mengevaluasi dan mengarahkan organisasi, balanced scorecard yang berfokus pada implementasi strategi adalah satu-satunya metode yang mencerminkan pengukuran kinerja yang efektif dari bagian-bagian organisasi terhadap pengukuran kinerja organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi indikator kinerja, melakukan analisis dan evaluasi kinerja, menentukan tujuan strategis, dan melakukan implementasi KPI yang disusun berdasarkan perspektif balanced scorecards menggunakan data history. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit dapat diukur menggunakan framework balanced scorecards pada perspektif pelanggan, keuangan, bisnis proses, pertumbuhan dan pembelajaran. KPI yang disusun dapat diimplementasikan di Rumah Sakit dengan evaluasi dan monitoring secara periodik dalam kerangka penjaminan mutu dan keselamatan pasien. Rumah Sakit sebagai unit bisnis, dalam pengembangan. Dalam menjalankan fungsinya, rumah sakit dapat mengadopsi prinsip- prinsip manajemen dan operasional berbasis bisnis guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan daya saing institusi. Namun demikian, rumah sakit, khususnya yang dimiliki oleh pemerintah, tetap memiliki mandat utama sebagai penyelenggara pelayanan publik di bidang kesehatan. Oleh karena itu, orientasi terhadap profitabilitas dan keberlanjutan usaha harus senantiasa diseimbangkan dengan komitmen terhadap aksesibilitas dan mutu layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam konteks ini, pengembangan rumah sakit sebagai entitas yang adaptif dan profesional tidak boleh mengesampingkan prinsip keadilan sosial, keterjangkauan biaya, serta akuntabilitas publik yang menjadi fondasi utama dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan nasional.-
dc.description.abstractHospitals are healthcare facilities that provide comprehensive individual healthcare services. Every hospital must implement good hospital management and clinical management. Service quality is a concept of measuring healthcare service quality, which consists of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles. As one of the public organizations established with the aim of providing healthcare services to the community, the success of a hospital is measured through the effectiveness and efficiency of its services to the community. Therefore, hospitals must establish indicators and performance measurement targets that are community-oriented. Among the various methods for evaluating and directing organizations, the balanced scorecard, which focuses on strategy implementation, is the only method that reflects effective performance measurement of organizational units against overall organizational performance measurement. This study aims to identify performance indicators, conduct performance analysis and evaluation, determine strategic objectives, and implement KPIs developed based on the balanced scorecard perspective using historical data. The analysis results indicate that hospital performance can be measured using the balanced scorecard framework across the customer, financial, business process, growth, and learning perspectives. The developed KPIs can be implemented in hospitals with periodic evaluation and monitoring within the framework of quality assurance and patient safety. Hospitals, as business units, are in the process of development. In performing their functions, hospitals can adopt business-based management and operational principles to enhance institutional efficiency, effectiveness, and competitiveness. However, hospitals, especially those owned by the government, still have the primary mandate as providers of public health services. Therefore, the orientation toward profitability and business sustainability must always be balanced with a commitment to accessibility and quality of health services for all segments of society. In this context, the development of hospitals as adaptive and professional entities must not overlook the principles of social justice, affordability, and public accountability, which form the foundation of national healthcare service delivery.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Penerapan Balanced Scorecards (BSC) di RSUD Cileungsiid
dc.title.alternativeAnalyzed of Implementation Balanced Scorecards (BSC) at Cileungsi Hospital-
dc.typeTesis-
dc.subject.keywordAHPid
dc.subject.keywordPengukuran Kinerjaid
dc.subject.keywordrumah sakitid
dc.subject.keywordPerformance Measurementid
dc.subject.keywordBalanced Scorecardsid
dc.subject.keywordMetode Delphiid
dc.subject.keywordDelphi Methodid
dc.subject.keywordBalanced Scorecardsid
dc.subject.keywordHospitalsid
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_K1501212211_f1a4173b25734a508f76cb569f68a1e2.pdfCover1.12 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_K1501212211_db023e1600a240aba1326de602ba7d07.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.75 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_K1501212211_8c1f4abe1d664f2ab04172ef3498b0eb.pdf
  Restricted Access
Lampiran1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.