Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169422
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurnaningsih, Ninuk-
dc.contributor.advisorMatindas, Krishnarini-
dc.contributor.authorNotonegoro, Muhammad Ridho-
dc.date.accessioned2025-08-15T07:52:46Z-
dc.date.available2025-08-15T07:52:46Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169422-
dc.description.abstractSektor pariwisata menjadi salah satu katalisator pembangunan (agent of development). Kampung Blekok merupakan salah satu desa wisata yang termasuk ke dalam 20 Daya Tarik Wisata Kabupaten Situbondo yang berhasil bertahan pada masa pandemi, dimana Kampung Blekok mendapatkan juara 1 desa rintisan terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Promosi berperan penting untuk menarik pengunjung. Instagram dan TikTok, sebagai media sosial terpopuler di Indonesia, terus berinovasi pada fitur edit foto dan video nya. Kampung Blekok sudah menggunakan Instagram dan TikTok sebagai media promosi. Konten yang kreatif dan inovatif menjadi tombak utama untuk menarik minat wisatawan, sehingga pengelola desa wisata perlu mengikuti perkembangan fitur terbaru Instagram dan TikTok untuk membuat promosi yang up to date dan menarik calon pengunjung. Adopsi inovasi fitur Instagram dan Tiktok oleh pengelola Kampung Blekok terdiri atas tahap pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Kelima tahapan ini dapat dipengaruhi oleh faktor karakteristik individu pengelola, frekuensi dan durasi penggunaan media sosial masing dari masing pengelola, serta faktor eksternal seperti dukungan lingkungan di sekitar desa wisata dan dukungan pemerintah. Penelitian ini dilakukan kepada pengelola Kampung Blekok dengan tujuan untuk menganalisis (1) pengaruh karakteristik individu, penggunaan media, dan dukungan lingkungan dalam proses adopsi inovasi penggunaan fitur-fitur Instagram dan TikTok; (2) tahapan adopsi inovasi penggunaan fitur-fitur Instagram dan TikTok; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi penggunaan fitur-fitur Instagram dan TikTok. Penelitian dilakukan pada bulan September- Desember 2024 dengan total responden 50 orang pengelola Kampung Blekok. Analisis dan pengolahan data dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji statistik inferensial berbasis aplikasi SmartPLS. Mayoritas pengelola Kampung Blekok berusia produktif 26–45 tahun (60%), berpendidikan SMA (62%), telah bekerja lebih dari 2 tahun (74%), dengan jam kerja 4–8 jam/hari (66%) dan gaji Rp1,5–3 juta/bulan (56%). Tingkat penggunaan media sosial tinggi, 54% menggunakan lebih dari empat platform dengan frekuensi dan durasi tinggi. Dukungan pemerintah dan akses internet memadai. Pada adopsi inovasi fitur Instagram dan TikTok, pengetahuan dan persuasi pengelola tergolong tinggi, 98% mencoba inovasi, seluruhnya mengimplementasikan, dan 88% melanjutkan penggunaan. Penelitian menunjukkan karakteristik individu mempengaruhi tahap pengetahuan dan persuasi, penggunaan media sosial mempengaruhi tahap pengetahuan dan konfirmasi, sementara dukungan lingkungan tidak berpengaruh. Tahap pengetahuan mempengaruhi persuasi, keputusan mempengaruhi implementasi, dan implementasi mempengaruhi konfirmasi.-
dc.description.sponsorshipnull-
dc.language.isoid-
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleADOPSI INOVASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI DESA WISATA KAMPUNG BLEKOKid
dc.title.alternativeAdoption of Social Media Innovation in Promoting the Kampung Blekok Tourism Village-
dc.typeTesis-
dc.subject.keywordAdopsi Inovasiid
dc.subject.keywordDesa Wisataid
dc.subject.keywordMedia sosialid
dc.subject.keywordpromosi wisataid
Appears in Collections:MT - Human Ecology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_I3502211010_d622a2b8f85a468b84a244a205cd3567.pdfCover1.21 MBAdobe PDFView/Open
fulltext_I3502211010_87476f1355864f719995d899736cd04a.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.9 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_I3502211010_a5bc5c8de3e04237baea3c656076738c.pdf
  Restricted Access
Lampiran432.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.