Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168582
Title: Efektivitas Kampanye Digital dalam Meningkatkan Engagement Pelanggan : Studi Pada Brand Jilbrave di Media Sosial Instagram
Other Titles: The Effectiveness of Digital Campaigns in Increasing Customer Engagement: A Study of the Jilbrave Brand on Instagram Social Media
Authors: Pranata, Rici Tri Harpin
Mulyono
Khansa, Siti Hasna Al
Issue Date: 2025
Publisher: IPB University
Abstract: Kemajuan digital telah memberikan perubahan yang tak terelakkan. Cara kita berkomunikasi secara fundamental telah diubah oleh teknologi, yang membawa banyak peluang sekaligus tantangan baru. Perubahan ini tidak hanya terjadi di dunia pribadi, tetapi juga di dunia profesional. Pada era digital yang semakin berkembang, penggunaan media sosial telah menjadi salah satu alat utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih dekat. Pada beberapa tahun terakhir, pergeseran dramatis terjadi dalam perilaku konsumen, mereka mulai menggunakan Internet untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan mencari informasi dengan berbagai situs media sosial ekspresif, pada situasi ini komunitas berkembang dan populasi semakin terhubung. Brand Jilbrave, sebagai salah satu brand fashion ternama di Indonesia, telah memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, untuk menjalankan kampanye digital dengan tujuan meningkatkan engagement pelanggan. Media sosial tidak hanya digunakan untuk memperkenalkan produk baru dan promosi, tetapi juga untuk menciptakan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan kampanye digital dalam meningkatkan engagement pelanggan. Dengan tujuan yaitu untuk menjelaskan strategi kampanye digital yang dilakukan oleh brand Jilbrave pada media social Instagram dan menjelaskan seberapa efektif kampanye digital yang dilakukan oleh brand Jilbrave dalam meningkatkan engagement pelanggan di Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan desain sequential explanatory yaitu pendekatan kuantitatif yang didukung dengan metode kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui analisis terhadap insight media sosial Instagram seperti like, comment, dan share, untuk hasil data dengan metode kualitatif sebagai pendukung dan pelengkap data kuantitatif yang didapat dari hasil wawancara. Setelah melakukan analisis kuantitatif, peneliti mendapatkan hasil bahwa kampanye digital yang dilakukan oleh brand Jilbrave menunjukan kualitas engagement rate konten kampanye tersebut ada pada level high engagement rate dengan nilai engagement rate > 1,54 % artinya dalam meningkatkan engagement pelanggan melalui media sosial Instagram dapat memiliki nilai rata-rata Engagement rate yang sesuai standar. Dapat disimpulkan bahwa kampanye digital yang dijalankan brand Jilbrave sudah efektif dengan faktor yang paling berpengaruh menggunakan influencer marketing dan Key Opinion Leader (KOL).
Digital progress has brought about inevitable changes. The way we communicate has been fundamentally altered by technology, which has brought many opportunities as well as new challenges. These changes are not only happening in our personal lives, but also in our professional lives. In this increasingly digital age, the use of social media has become one of the main tools for companies to interact with customers and build closer relationships. In recent years, there has been a dramatic shift in consumer behavior, as they increasingly turn to the Internet to meet various needs and seek information through expressive social media platforms. In this context, communities have grown, and populations have become more interconnected. Jilbrave, one of Indonesia's leading fashion brands, has leveraged social media, particularly Instagram, to run digital campaigns aimed at enhancing customer engagement. Social media is not only used to introduce new products and promotions but also to create more personal connections with customers. Through this research, it is hoped that various factors influencing the success of digital campaigns in enhancing customer engagement can be identified. The objective is to explain the digital campaign strategies implemented by the Jilbrave brand on Instagram and to assess how effective these digital campaigns are in increasing customer engagement on Instagram. The method used in this study is a mixed method with a sequential explanatory design, which is a quantitative approach supported by qualitative methods. The quantitative approach is conducted through analysis of Instagram social media insights such as likes, comments, and shares, while the qualitative method serves as a supplement to the quantitative data obtained from interviews. After conducting the quantitative analysis, the researcher found that the digital campaign conducted by the Jilbrave brand demonstrated a high engagement rate for the campaign content, with an engagement rate of >1.54%, meaning that in increasing customer engagement through Instagram, it can achieve an average engagement rate that meets the standard. It can be concluded that the digital campaign run by the Jilbrave brand is effective, with the most influential factors being influencer marketing and Key Opinion Leaders (KOLs).
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168582
Appears in Collections:UT - Digital Communication and Media

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
cover_J0301211272_19f9911f4f6b4dacba6f38d2841f6a9e.pdfCover854.79 kBAdobe PDFView/Open
fulltext_J0301211272_d939b88519674d178b2986d91553f4ec.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.83 MBAdobe PDFView/Open
lampiran_J0301211272_40b850ee037d4a79bc65957b6f3b6245.pdf
  Restricted Access
Lampiran492.48 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.