Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168354
Title: Faktor-Faktor Penentu Brand Switching Produk Kosmetika Dengan Sistem Penjualan Langsung Berjenjang Syariah
Authors: Megawati Simanjuntak
Hendri Tanjung
Ajiwinanto, Mayong
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pesatnya perkembangan industri bisnis kosmetika dengan sistem penjualan langsung dan tingginya pangsa pasar produk kosmetika di Indonesia, memunculkan juga persaingan perusahaan produk kosmetika. Persaingan tersebut membawa dampak bagi para konsumen, dengan tersedianya banyak alternatif pilihan produk kosmetika yang menyebabkan banyaknya konsumen melakukan brand switching (perpindahan merek). Penyebab terjadinya perpindahan merek yang dilakukan oleh konsumen juga dipengaruhi oleh adanya kebutuhan mencari variasi (Variety Seeking). Selain ketidakpuasan dan mencari variasi, faktor lain yang mendorong keputusan perpindahan merek yang dilakukan konsumen juga dipengaruhi oleh word of mouth. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi brand switching produk kosmetika dengan sistem penjualan langsung berjenjang syariah. Teknik pengambilan sampel dalam dilakukan dengan cara non probability sampling, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dari responden dilakukan dengan panduan kuesioner yang terstruktur (structured questionnaire). Beberapa pertanyaan dalam kuesioner dibuat berdasarkan skala (scaled response question). Teknik penskalaan yang digunakan adalah skala Likert dimana responden diharuskan untuk memilih salah satu di antara skala Likert dengan lima variasi jawaban dengan urutan sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Adapun pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan SEM. Adapun jumlah variabel indikator yang menyusun model SEM pada penelitian ini sebanyak 33 indikator, sehingga jumlah sampel yang diambil adalah 150 sampel. Sampel responden adalah konsumen yang sudah membeli dan menggunakan produk Nu Skin. Hasil penelitian menunjukkan word of mouth dan bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand image. Religiusitas dan bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap merek. Brand image dan sikap merek berpengaruh signifikan terhadap brand switching. Religiusitas tidak berpengaruh nyata terhadap brand switching. Implikasi manajerial berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari efek WOM terhadap citra merek. Bagi pemasar produk Nu Skin dapat dijadikan referensi strategi pemasaran dari kebiasan konsumen dalam mengakses media sosial dengan membaca ulasan produk dari lingkaran pertemanan yang telah menggunakan produk Nu Skin sebelumnya. Semakin banyak yang mereview dan merekomendasikan ke orang lain, semakin meningkat juga minat konsumen untuk membeli produk Nu Skin dan lebih kecil intensitas terlibat dalam perilaku perpindahan merek.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168354
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20MYJT.pdf
  Restricted Access
5.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.