Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168305
Title: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Gerai Buah Durian (Studi Kasus: Cv Si Bolang Durian)
Authors: Amzul Rifin
Bunasor Sanim
Andrianto, Rui
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Si Bolang Durian adalah salah satu dari sekian banyak gerai buah durian yang ada di kota Medan. Gerai ini menjual buah durian lokal yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Si Bolang Durian selalu mengutamakan produk yang berkualitas, fresh, steril dan higienis sehingga konsumen bisa langsung menikmatinya dengan aman. Harga yang terjangkau dan didukung fasilitas yang memadai sehingga membuat nyaman pelanggan yang datang, Si Bolang Durian juga memiliki lokasi/tempat yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan. Peluang pasar lokal untuk produk durian cukup potensial, dilihat dari jumlah penduduk Medan yang saat ini telah mencapai 2.210.624 jiwa pada sensus 2015. Jika diasumsikan ada 50 persen atau 1.105.312 jiwa penduduk Medan yang mengkomsumsi durian, maka dapat dilihat bahwa pasar lokal cukup menjanjikan. Pertumbuhan bisnis gerai buah durian di kota Medan yang mulai berkembang juga menandakan bisnis ini dianggap sebagai bisnis yang prospektif. Bertambahnya jumlah gerai buah durian menggambarkan persaingan diantara pebisnis gerai buah durian tersebut. Persaingan antar gerai sejenis dan juga penurunan penjualan dalam 4 tahun terakhir memicu persaingan yang semakin ketat khususnya di Kota Medan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis karakteristik demografi konsumen jasa gerai buah Si Bolang Durian, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek jasa gerai buah Si Bolang Durian, 3) Menganalisis tingkat kontribusi variabel-variabel ekuitas merek jasa gerai buah Si Bolang Durian dan 4) Menganailisis implikasi manajerial berupa strategi pemasaran untuk merek jasa gerai buah Si Bolang Durian. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SEM dan Analisis Deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan informasi umum juga informasi lainnya yang mendukung penelitian. Penelitian telah dilaksanakan dari bulan Juli hingga September 2018. Hasil analisa SEM menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan brand equity gerai durian adalah brand awareness, brand association dan brand loyalty, yang memiliki loading factor masing-masing sebesar 0.20, 0.36 dan 0.51. Sementara itu terdapat satu variabel yang tidak signifikan yaitu brand perceived quality yang memiliki nilai loading factor sebesar 0.04. Berdasarkan analisa SEM tersebut disimpulkan bahwa pada pengaruh terhadap brand equity didapatkan brand awareness, brand association dan brand loyalt berpengaruh terhadap brand equity, dimana semua pengaruhnya bersifat positive. Dari ketiga variabel yang berpengaruh, faktor Brand loyaty paling berpengaruh terhadap brand equity dibandingkan variabel yang lain, hal ini dapat dilihat dari nilai estimate dan yang paling besar dibandingkan variabel lainnnya lainnya. Implikasi manajerial gerai buah durian untuk meningkatkan brand equity adalah memperbanyak beriklan di media cetak dan juga di billboard/papan reklame serta meningkatkan kualitas pelayanan dan fasialitas agar semakin baik. Sehingga dapat selalu diingat dan juga membangun kepercayaan pelanggan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168305
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R57RUIAO.pdf
  Restricted Access
1.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.