Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168303
Title: Strategi Bisnis Pt Pertamina Retail
Authors: Lukman M.Baga
Popong Nurhayati
Ramdhani, Rafdi Dzulfikar
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: PT Pertamina Retail (PTPR) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha ritel produk Pertamina. Sales Area II merupakan divisi operasional yang memiliki unit bisnis terbanyak dan berada di pusat perkotaan yaitu DKI Jakarta dan Banten. PTPR Sales Area II perlu memiliki strategi alternatif yang tepat untuk merespons perlambatan pertumbuhan penjualan BBM dan pertumbuhan SPBU asing pada industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi PTPR Sales Area II dan industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis PTPR Sales Area II, serta menyusun strategi bisnis yang tepat untuk PTPR Sales Area II. Beberapa alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, VRIO, Porter's Five Forces, PESTEL, matriks Internal-Eksternal, dan analisis SWOT. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan studi literatur. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari pihak internal perusahaan yang mengatur kebijakan di Sales Area II dan pihak eksternal yaitu komite BPH Migas. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa SPBU PTPR Sales Area II masih menjadi pilihan utama dengan alasan ketepatan bahan bakar (kejujuran) dan kualitas pelayanan yang memuaskan. Kondisi industri fuel retail di DKI Jakarta & Banten ditinjau dari penilaian pada Google Customer Review didapat bahwa Vivo memiliki total penilaian tertinggi dengan nilai 4,57 disusul oleh Shell, Total, BP-AKR, dan PTPR Sales Area II. Hal ini menunjukan bahwa semua SPBU memiliki penilaian yang baik dari konsumen di google review karena nilainya di atas 4. Berdasarkan hasil identifikasi lingkungan internal dan eksternal tersebut diperoleh posisi perusahaan dalam matriks IE berada pada sel V (menjaga dan mempertahankan). Adapun strategi yang dapat diterapkan dalam posisi ini adalah strategi pengembangan produk dan strategi penetrasi pasar. Berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan 9 strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk strategi bisnis PTPR Sales Area II, terdiri dari 6 strategi pengembangan produk dan 3 strategi penetrasi pasar.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168303
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20RDRI.pdf
  Restricted Access
29.65 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.