Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168297
Title: Strategi Bisnis Bancassurance Pt Asuransi Jiwa Xyz Pada Industri Asuransi Jiwa Di Indonesia
Authors: Mukhamad Najib
Alla Asmara
Abiyyu, Ikhwan
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Bisnis bancassurance merupakan salah satu saluran distribusi yang dapat dijalankan oleh perusahaan asuransi dalam kerjasama bisnis dengan bank. Persaingan bancassurance di Indonesia terutama untuk industri asuransi jiwa, terbuka lebar dan diperlukan strategi yang tepat untuk setiap perusahaan asuransi jiwa yang menjalankannya. Penelitian ini dilakukan guna menyusun strategi bisnis bancassurance yang tepat untuk PT Asuransi Jiwa XYZ sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. PT Asuransi Jiwa XYZ dikategorikan sebagai perusahaan patungan yang berasal dari Eropa. Pemetaan ini dilakukan untuk kondisi bisnis saat ini yang dijalankan oleh perusahaan menggunakan alat Business Model Canvas (BMC) dan akan diperdalam dengan analisis SWOT untuk setiap komponen dalam BMC. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer, diperoleh langsung melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah dengan beberapa ahli di PT Asuransi Jiwa XYZ. Untuk menghadirkan pasar baru, perusahaan perlu menerapkan strategi yang belum pernah dilakukan oleh pesaing, dengan perspektif Blue Ocean Strategy (BOS), skema penghapusan-buat-tambah-buat akan diterapkan untuk menghasilkan alternatif BMC. Pada akhirnya, penelitian ini menghasilkan tiga isu strategis yang dapat diimplementasikan oleh PT Asurasni Jiwa XYZ, yaitu pengembangan produk, pengembangan segmentasi pelanggan, dan penguatan kompetensi digital.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168297
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20IAU.pdf
  Restricted Access
42.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.