Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168273
Title: Pengaruh Service Terhadap Konsumen dan Minat Kunjung Ulang Ekowisata Saporkren Di Kabupaten Raja Ampat
Authors: Siti Jahroh
Kirbrandoko
Manullang, Robinsar Jogi Yoshua
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Ekowisata adalah wisata alam yang berfokus di suatu wilayah atau daerah konservasi (protected area) yang memberi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat lokal dan konservasi serta pendidikan bagi masyarakat. Sedangkan, sebanyak 98.9 persen kawasan hutan hak kelolanya masih dikuasai oleh korporasi dan pemilik modal. Sementara sisanya yang tak lebih dari 1.1 persen kawasan hutan hak kelolanya dikuasai masyarakat. Peningkatkan peran kawasan hutan khususnya hutan konservasi perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat di sekitar kawasan penyangga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor service quality yang berpengaruh pada kepuasan konsumen dan minat kunjung ulang ekowisata di Saporkren dan merumuskan strategi pemasaran ekowisata di Saporkren. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ekowisata di Saporkren, yang tentu akan memberi peningkatan pendapatan bagi masyarakat dan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat Saporkren. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dari ekowisata Saporkren. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling. Responden yang dipilih adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke Saporkren dan ditemukan oleh peneliti dan wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Saporkren minimal satu kali dalam waktu satu tahun terakhir. Total jumlah responden adalah 238 orang. Variabel endogen (Y) dan (Z) pada penelitian ini adalah kepuasan konsumen dan minat kunjung ulang. Variabel eksogen (X) pada penelitian ini adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.7. Penelitian dilakukan selama enam bulan dari Oktober 2019 sampai dengan Maret 2020. Berdasarkan hasil penelitian, teridentifikasi hanya tiga dari lima faktor-faktor service quality yang berpengaruh signifikan pada kepuasan konsumen, yaitu tangible, reliability, dan assurance. Kepuasan konsumen terbukti berpengaruh signifikan pada minat kunjung ulang. Setelah itu, dari hasil wawancara dan Focus Group Discussion (FGD), dirumuskan strategi yang dapat diimplementasikan pada ekowisata di Saporkren adalah penggalian potensi wisata yang dapat dieksploitasi selain birdwatching untuk faktor tangibles, dan melatih serta mensertifikasi pemandu wisata di Saporkren untuk faktor reliability dan assurance.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168273
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20RJYMG.pdf
  Restricted Access
26.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.