Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168270
Title: Analisis Pengaruh Persepsi Bauran Pemasaran Terhadap Dimensi Dari Ekuitas Merek Produk Cat Merek Xtz dan Pesaingnya
Authors: Hartoyo
Istiqlaliyah Muflikhati
Supriyatno
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pertumbuhan penjualan produk cat perusahaan XYZ dalam 4 tahun terakhir menurut data internal perusahaan hanya 2-3%. Pertumbuhan ini masih dibawah pertumbuhan industri cat dekoratif yang pertahun berkisar 10-15% (www.berita bisnis.com, 2018). Perusahaan cat XYZ merupakan pemimpin pasar untuk produk cat di kategori produk premium, dengan pertumbuhan penjualan yang masih rendah menjadi permasalahan yang harus dicari alternatif penyelesaiannya. Pesaing utama merek XYZ adalah merek PQR, perusahaan PQR melakukan berbagai upaya strategi pemasaran untuk merebut konsumen dari perusahaan XYZ. Berdasarkan latar belakang yang disebutkan sebelumnya, maka dilakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh persepsi bauran pemasaran terhadap kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, kepuasan merek dan loyalitas merek yang merupakan dimensi dari ekuitas merek pada produk cat untuk merek XYZ dan PQR sebagai pesaing utamanya. Selain itu membandingkan ekuitas merek dari produk merek XYZ dan PQR sebagai pesaingnya. Manfaat dari penelitian ini untuk memberikan rekomendasi strategi alternatif dalam meningkatkan ekuitas merek melalui bauran pemasaran kepada perusahaan merek XYZ dan menambah informasi mengenai bauran pemasaran dan ekuitas merek produk cat. Penelitian dilakukan di wilayah kota Bogor dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner, responden yang digunakan 150 orang dari konsumen akhir yang ada di toko ritel bahan bangunan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria, responden merupakan pengambil keputusan pembeli cat, pernah membeli cat dan tahu tentang produk cat. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Variabel independen yang digunakan adalah persepsi produk, persepsi harga, persepsi distribusi dan persepsi promosi, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, kepuasan merek dan loyalitas merek. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) menggunakan software SmartPLS 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi produk dan persepsi distribusi berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, kepuasan merek, dan loyalitas merek. Sedangkan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, kepuasan merek, namun tidak signifikan terhadap loyalitas merek. Persepsi promosi berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, persepsi kualitas dan kepuasan merek, tidak signifikan pada asoasiasi merek dan loyalitas merek. Hubungan antar dimensi ekuitas merek untuk kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap asosiasi merek dan persepsi kualitas, asosiasi merek berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, kepuasan merek dan loyalitas merek, sedangkan persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan merek dan loyalitas merek, sehingga pada kepuasan merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Ekuitas merek produk merek XYZ memiliki respon lebih baik pada dimensi kesadaran merek, asosiasi merek, kepuasan merek dan loyalitas merek dibandingkan dengan produk cat merek PQR. Sedangkan pada dimensi persepsi kualitas merek XYZ dan PQR memiliki respon yang sama. Keunggulan pada dimensi ekuitas merek menjadi kekuatan bagi perusahan merek XYZ untuk terus meningkatkan pertumbuhan penjualan. Hasil penelitian ini merekomendasikan dengan meningkatkan upaya-upaya bauran pemasaran yang lebih baik pada kualitas produk, harga yang kompetitif, kemudahan mendapatkan produk dan promosi yang menarik akan meningkatkan dan menguatkan ekuitas merek.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168270
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20SPRO.pdf
  Restricted Access
1.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.