Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168222
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pelatih Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan Di Pusdikzi
Authors: Syamsul Maarif
Tanti Novianti
Irwansyah, Bambang
Issue Date: 2020
Publisher: IPB University
Abstract: Pusdikzi adalah Lembaga Pendidikan & Latihan Kecabangan Zeni Angakatan Darat. Pusdikzi Kodiklatad memiliki peran yang cukup strategis dalam pembinaan profesionalitas prajurit Zeni Angkatan Darat namun Ironisnya, realitas di lapangan menunjukan bahwa pada saat ini masih terdapat kendala dalam aspek penyelenggaraan pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kualitas pelayanan pelatihan di Pusdikzi 2) Menganalisis tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap kualitas pelayanan dan kinerja pelatih di Pusdikzi 3) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta pelatihan di Pusdikzi 4) Menganalisis pengaruh kinerja pelatih terhadap kepuasan peserta pelatihan di Pusdikzi Data yang diperlukan untuk penelitian ini diambil dari dua sumber yaitu: data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara melakukan wawancara langsung terhadap beberapa responden dengan mengajukan beberapa pertanyaan melalui kuesioner. Pada penelitian ini, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah stratified Random Sampling yaitu dikatakan stratified karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dan diambil per masing-masing layer berdasarkan golongan atau pangkat yang ada dalam populasi. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 330 responden. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis IPA dan CSI, serta Struktural Equation Model (SEM). Pengolahan data menggunakan LISREL. Hasil model struktural menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta pelatihan. Ini berarti bahwa peningkatan kualitas layanan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan peserta pelatihan. Kinerja pelatih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta pelatihan. Ini berarti bahwa peningkatan kinerja pelatih berbanding lurus dengan tingkat kepuasan peserta pelatihan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168222
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K20BIH.pdf
  Restricted Access
1.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.