Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168174
Title: Pengembangan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pt Mutiara Mutu Katiga Di Depok Jawa Barat
Authors: Hubeis, Musa
Soeboer, Deni Achmad
Ginting, Zeany Cahyari
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: PT Mutiara Mutu Katiga merupakan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam bidang pembinaan K3. PT Mutiara Mutu Katiga memberikan jasa pembinaan K3 yang meliputi Pembinaan dan Sertifikasi Calon Ahli K3 Umum, Pembinaan dan Sertifikasi Auditor SMK3, Pembinaan dan Sertifikasi Ahli Muda/Madya/Utama K3 Konstruksi, Pembinaan dan Sertifikasi Petugas/Ahli K3 Kebakaran, Pembinaan dan Sertifikasi Petugas/Ahli K3 Listrik, Pembinaan Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan, dan K3, serta Pembinaan Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Dalam menghadapi persaingan bisnis, PT Mutiara Mutu Katiga membuat program pembinaan yang belum pernah ada sebelumnya yaitu 6 in 1 Certification. Tingginya permintaan pasar di berbagai kota akan program 6 in 1 Certification membuat para pesaing menawarkan program yang sama dan membuat banyak pihak tertarik untuk menjalankan bisnis PJK3 dengan program yang sama. Namun, hingga saat ini perusahaan belum mampu memenuhi permintaan pasar untuk mengadakan sertifikasi di berbagai kota. Sedangkan perusahaan pesaing mampu mengadakan program 6 in 1 certification hingga di 24 kota besar. Hal ini menjadi kendala besar yang harus segera diatasi oleh PT Mutiara Mutu Katiga. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengembangan PT Mutiara Mutu Katiga sebagai Perusahaan Jasa K3 dengan melihat model perusahaan, kondisi lingkungan bisnis dan program perbaikan yang harus dilakukan. Penelitian ini mengunankan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, kuesioner, Focus Group Discussion dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah Model Bisnis Kanvas dan Analisis SWOT. Pada pemetaan BMC terlihat bahwa customer segment PT Mutiara Mutu Katiga adalah mahasiswa, fresh graduate dan pekerja. Berdasarkan hasil SWOT dan FGD terdapat program perbaikan pada enam unsur Model Bisnis Kanvas yang terdiri dari unsur, customer segment, value proposition, channels, revenue streams, key activities, key partnership.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168174
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19ZCGG.pdf
  Restricted Access
1.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.