Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168173
Title: Analisis Pengaruh Biaya Produksi, Promosi dan Distribusi Terhadap Nilai Penjualan Perusahaan Sektor Pertanian dan Barang Konsumsi
Authors: Sumarwan, Ujang
Wijayanto, Hari
Hapsari, Winahyu
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Perusahaan sektor pertanian dan barang konsumsi merupakan sektor strategis yang mendominasi lapangan usaha di Indonesia. Kedua sektor tersebut juga merupakan sektor industri yang paling dekat dengan konsumen, keduanya erat kaitannya dengan konsumsi masyarakat yang semakin bertambah dan kompleks. Kedua sektor industri juga melibatkan tenaga kerja dalam jumlah banyak dibanding dengan industri lain. Oleh karena itu, pengendalian biaya dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengatur ketersediaan dana agar cukup untuk membiayai kegiatan operasional. Biaya menjadi bagian yang sangat penting bagi perusahaan, salah satu komponen biaya yang terpenting yaitu biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi. Metode pengambilan contoh yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling atau judgement sampling. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 29 perusahaan yang terdiri dari 6 perusahaan sektor pertanian dan 23 perusahaan sektor barang konsumsi. Terdapat empat variabel pada penelitian ini, yaitu variabel independen terdiri dari variabel biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi, sedangkan variabel dependen yaitu variabel penjualan. Pengolahan dan teknis analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, data panel, dan uji kesesuaian model menggunakan software SPSS dan Eviews. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap penjualan perusahaan sektor pertanian dan sektor barang konsumsi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Biaya produksi pada industri sektor pertanian berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan; (2) Biaya promosi pada industri sektor pertanian tidak berpengaruh terhadap nilai penjualan; (3) Biaya distribusi pada industri sektor pertanian berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan; (4) Biaya produksi pada industri sektor barang konsumsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan; (5) Biaya promosi pada industri barang konsumsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan; (6) Biaya distribusi pada industri sektor barang konsumsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168173
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19WHI.pdf
  Restricted Access
1.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.