Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168151
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHermadi, Irman
dc.contributor.advisorRatono, Joko
dc.contributor.authorManalu, Lufebrina Dorma Uli
dc.date.accessioned2025-08-07T10:33:03Z
dc.date.available2025-08-07T10:33:03Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168151
dc.description.abstractPerekonomian Indonesia didominasi oleh kelompok UKM. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (2017) bahwa hanya 8 persen UKM memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Toko Laurike adalah salah satu anggota UKM Pemerintah Kabupaten Bogor. Toko Laurike adalah produsen minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dan menjual produknya melalui e-marketplace, yaitu Tokopedia, Bukalapak dan Elevenia. Diantara pasar elektronik tersebut, penjualan melalui Tokopedia adalah yang terbanyak dibanding kedua lainnya. Perbedaan tersebut mungkin disebabkan oleh faktor desain, sistem keamanan, kemudahan penggunaan atau persepsi manfaat dari Tokopedia. Oleh karena itu, perlu mengkaji faktor-faktor yang menentukan seseorang berniat menggunakan Tokopedia dalam berbelanja produk UKM agribisnis berbentuk cair dan gel. Alat analisis data yang digunakan adalah structural equation modeling - partial least squares (SEM-PLS) yang disusun berdasarkan stimulus theoretical framework technology acceptance model (STFTAM). Model penerimaan teknologi STF-TAM terdiri dari variabel Kemudahan Penggunaan, Keyakinan Manfaat, Niat Penggunaan. Dalam STF-TAM ditemukan 2 faktor yang menstimulus niat seseorang untuk menggunakan aplikasi. Faktor stimulus tersebut dilihat dari fitur dan kemampuan sistem. Faktor stimulus ini dianggap dapat memotivasi penggunaan aplikasi. Kedua faktor stimulus tersebut adalah desain dan keamanan. Maka dalam penelitian ini adalah dianalisis pola hubungan desain dan keamanan terhadap kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat. Di samping itu, untuk menganalisis kontribusi keamanan, kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat terhadap niat penggunaan Tokopedia. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan pengguna Tokopedia yang pernah berbelanja produk agribisnis pangan berbentuk cair dan gel. Data responden terkumpul sebanyak 71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan merupakan faktor yang memiliki pengaruh yang paling besar diantara faktor lainnya. Faktor desain dan rancangan berpengaruh signifikan terhadap kemudahan penggunaan. Faktor keamanan berpengaruh terhadap keyakinan manfaat namun berbeda dengan desain yang tidak berpengaruh. Faktor Keamanan tidak berkontribusi secara langsung terhadap niat penggunaan Tokopedia namun melalui kemudahan penggunaan dan keyakinan manfaat. Penemuan faktor dari niat penggunaan Tokopedia ini akan digunakan untuk membangun toko online Laurike.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sistem Informasiid
dc.titleKajian Determinan Niat Penggunaan Tokopedia Untuk Berbelanja Produk Ukm Agribisnis (Studi Kasus: Toko Laurike)id
dc.subject.keywordModel Penerimaan Teknologiid
dc.subject.keywordStructural Equation Modelling Partial Least Squares (Sem-Pls)id
dc.subject.keywordToko Onlineid
dc.subject.keywordTokopediaid
dc.subject.keywordUsaha Kecil Menegah (Ukm)id
dc.subject.keywordStimulus Theoretical Technology Acceptance Model (Stf-Tam)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19LDUMU.pdf
  Restricted Access
1.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.