Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168146
Title: Evaluasi Keberlanjutan Unit Usaha Pengolahan Susu Kpbs Pengalengan Dengan Metode Flourishing Business Canvas
Authors: Najib, Mukhamad
Jahroh, Siti
Amaliah, Syarah Nurul
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Tingginya impor susu dan kurangnya keberpihakan kebijakan pemerintah pada koperasi menjadikan koperasi harus bertahan dan bersaing dengan susu impor. Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) sebagai salah satu koperasi penghimpun susu mendirikan Milk Treatment 2 (MT2) sebagai unit usaha pengolahan susu untuk meningkatkan bargaining position penyaluran dan pemasaran susu. Keberadaan MT2 yang bersinggungan dengan berbagai aspek menjadikan MT2 perlu menggambarkan keberlanjutannya. Flourishing Business Canvas (FBC) sebagai salah satu model bisnis keberlanjutan digunakan pada penelitian ini. FBC didasarkan pada Business Model Canvas (BMC), terdiri dari tiga konteks (ekonomi, sosial, dan lingkungan), dan terbagi pada empat perspektif (outcomes, value, process, people), dan enam belas elemen. Penggambaran keberlanjutan MT2 pada FBC menjadikan MT2 dapat memetakan permasalahan keberlanjutan yang terjadi di perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu analisis penggambaran FBC di MT2 saat ini dan evaluasi strategi keberlanjutan di MT2, serta rekomendasi pengembangan usaha berkelanjutan di MT2. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan November 2018, menggunakan data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan penggambaran strategi keberlanjutan MT2 pada FBC, MT2 memiliki kekuatan inovasi dan positioning produk, kelemahan dalam SDM, pengolahan limbah, dan sistem pemasaran produk, peluang dengan semakin banyaknya peraturan yang mengarah pada keberlanjutan, dan ancaman impor susu. Strategi keberlanjutan di MT2 termasuk pada kategori responsif. MT2 belum memanfaatkan strategi keberlanjutan untuk keunggulan bersaing lebih jauh dan masih berpotensi untuk meningkatkan strategi keberlanjutannya. Dalam penerapan strategi keberlanjutan, manajemen MT2 perlu berkomitmen dalam aplikasi strategi tersebut dalam operasional bisnis sehari-hari. Aplikasi strategi keberlanjutan di MT2 perlu dilakukan secara bertahap dengan tujuan utama terjadinya keseimbangan antara keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan. Rekomendasi strategi keberlanjutan ekonomi MT2 yaitu meningkatkan strategi pemasaran positioning produk dan mengoptimalkan saluran pemasaran. Untuk strategi keberlanjutan sosial MT2 yaitu perluasan unit bisnis ke bidang jasa dan pemberian beasiswa untuk masyarakat sekitar yang berprestasi dan ikatan dinas untuk bekerja di MT2. Untuk strategi keberlanjutan lingkungan yaitu pengolahan by product whey dari produksi keju mozarella.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168146
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19SNAH.pdf
  Restricted Access
1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.