Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168144
Title: Analisis Strategi Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (Studi Kasus Pt Pqr)
Authors: Asmara, Alla
Findi, Muhammad
Rinaldy, Dian
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Industri otomotif adalah salah satu bisnis yang berkembang pesat di Indonesia sejalan dengan meningkatnya permintaan kendaraan. Agen Tunggal Pemegang Merek sebagai pabrikan mobil didukung oleh beberapa tingkat rantai pasokan dengan Industri Kecil dan Menengah (IKM) biasanya di Tier 2 dan Tier 3. IKM komponen Otomotif ditantang dengan bahan baku terbatas, fluktuasi harga, dukungan modal terbatas, dan kurangnya kualitas sumber daya manusia. PT PQR sebagai salahsatu IKM komponen otomotif sedang menghadapi tantangan dengan menurunnya pendapatan hingga 35% dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi kasus pada PT PQR yang berlokasi di Cileungsi, Bogor. Untuk mengetahui gambaran lengkap kondisi perusahaan, data primer diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang dipilih secara sengaja (purposive sampling technique) yang berada dalam rantai pasok PT PQR, yaitu terdiri dari pihak internal PT PQR, serta pihak eksternal seperti pelanggan, pemasok, dan asosiasi industri kecil menengah. Tahap perencanaan strategis dimulai dengan analisis eksternal yang dikembangkan dengan Lima Kekuatan Porter dan Analisis PEST, dilanjutkan analisis internal, Matriks IE, Matriks TOWS, dan penentuan strategi prioritas dengan QSPM. Hasil penelitian menemukan bahwa pertumbuhan permintaan, loyalitas pelanggan, dan persaingan antar ATPM dikategorikan sebagai peluang utama sementara nilai tukar dan kebijakan impor dikategorikan sebagai ancaman utama. Sementara kualitas produk, harga jual yang kompetitif, dan kapasitas produksi adalah kekuatan utama, dan produktivitas rendah, kesehatan dan keselamatan kerja, dan kualitas sumber daya manusia sebagai kelemahan utama. Dengan IFE 2,367 dan EFE 2,178 untuk memposisikan PT PQR dalam kuadran V dari matriks IE, rekomendasi strategis adalah pertahankan dan pelihara. Strategi pengembangan pasar adalah prioritas utama dilengkapi dengan 21 rencana tindakan dalam jangka pendek dan panjang untuk mengimplementasikan strategi yang dipilih.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168144
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19DRY.pdf
  Restricted Access
2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.