Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168076
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPandjaitan, Nurmala K.
dc.contributor.advisorKuswanto, Sadikin
dc.contributor.authorFajriyanti, Fitri
dc.date.accessioned2025-08-07T10:26:45Z
dc.date.available2025-08-07T10:26:45Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168076
dc.description.abstractPersaingan pada industri perbankan semakin dirasakan, termasuk pada industri perbankan syariah. PT Bank BNI Syariah merupakan tiga besar dari Bank Umum Syariah (BUS) yang memiliki kantor cabang terbanyak dengan jumlah 68 kantor cabang (KC). PT Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur merupakan salah satu kantor cabang kelas satu (champion). Keberhasilan PT. Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur dalam pencapaian target cabang serta tujuan perusahaan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan mampu bersinergi antara sesama karyawan. Oleh karena itu, penting bagi manajemen untuk memperhatikan perkembangan serta kesejahteraan SDM, salah satunya dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya budaya organisasi dan kohesivitas kelompok. Penelitian ini bertujuan menganalisis gambaran penerapan budaya organisasi, tingkat kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja karyawan di PT Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur, serta menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja di PT Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner yang diberikan kepada 87 karyawan (banking staff) PT Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu kuesioner secara face to face. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya organisasi pada karyawan PT Bank BNI Syariah KC Jakarta Timur berada pada kategori baik dengan dimensi yang paling berpengaruh yaitu sikap melayani melebihi harapan. Selanjutnya tingkat kohesivitas kelompok berada pada kategori tinggi, dimana dimensi yang paling berpengaruh dalam membentuk kohesivitas adalah group integration task (keterpaduan kelompok dalam aspek tugas). Tingkat kepuasan kerja karyawan berada pada kategori tinggi dengan dimensi yang paling berpengaruh dalm membentuk kepuasan kerja adalah kepuasan supervisi. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan tingginya penerapan budaya organisasi dapat meningkatkan kepuasan kerja, begitu pula dengan kohesivitas kelompok yang tinggi akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Selain itu, budaya organisasi memberikan pengaruh yang nyata dan positif terhadap kohesivitas kelompok.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titlePengaruh Budaya Organisasi dan Kohesivitas Kelompok Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Pt. Bank Bni Syariah Kantor Cabang Jakarta Timurid
dc.subject.keywordBudaya Organisasiid
dc.subject.keywordKepuasan Kerjaid
dc.subject.keywordKohesivitasid
dc.subject.keywordJob Satisfactionid
dc.subject.keywordSem-Plsid
dc.subject.keywordUji Signifikasi (T-Test)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19FFI.pdf
  Restricted Access
1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.