Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168071
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitayala S.
dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.authorYuniarto, Agung
dc.date.accessioned2025-08-07T10:26:23Z
dc.date.available2025-08-07T10:26:23Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168071
dc.description.abstractBadan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) sebagai unit yang memiliki tanggung jawab dalam pengembangan SDM di Kementerian Keuangan mengimplementasikan strategi corporate university. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi faktor-faktor kunci sukses implementasi konsep corporate university yang telah dimiliki oleh BPPK, 2) mengidentifikasi ruang perbaikan (improvement area) yang harus dilakukan BPPK dalam rangka mengakselerasi transformasi menjadi Kemenkeu Corpu, serta 3) menganalisis perubahan layanan pembelajaran BPPK setelah bertransformasi menjadi Kemenkeu Corpu. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan metode QFD melalui penyusunan House of Quality (HoC) atau rumah kualitas. Data diambil dari kuisioner dan interview mendalam yang dilakukan kepada informan kompeten yang dipilih dengan metode nonpuposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum bertransformasi menjadi Kemenkeu Corpu, tidak ada satu pun indikator layanan BPPK yang dinilai sangat baik (SB) oleh informan. Skor tertinggi hanya bernilai baik (B) dan terdapat seorang informan yang memberikan nilai kurang baik (KB), serta empat indikator memperoleh nilai tidak baik (TB). Setelah bertransformasi menjadi Kemenkeu Corpu, tiga dari tujuh indikator pelatihan telah mendapatkan penilaian sangat baik (SB) dari para informan. Sedangkan empat indikator lainnya dinilai baik (B). Terdapat dua indikator memperoleh peningkatan nilai dari informan menjadi baik (B) dari sebelumnya yang dinilai kurang baik (KB). Sedangkan hasil nalisis aspek respon teknis menunjukkan bahwa sebelum bertransformasi menjadi Kemenkeu Corpu, secara umum dinilai kurang baik (KB) oleh informan. Setelah bertransformasi menjadi Kemenkeu Corpu, semua respon teknis mengalami peningkatan kualitas dengan mendapatkan nilai baik (B) dari para informan.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Sumber Daya Manusiaid
dc.titleFaktor-Faktor Kunci Kesuksesan Implementasi Corporate University Dalam Rangka Transformasi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuanganid
dc.subject.keywordArea Perubahanid
dc.subject.keywordBppkid
dc.subject.keywordCorporate Universityid
dc.subject.keywordRespon Teknisid
dc.subject.keywordRumah Kualitasid
dc.subject.keywordQuality Functional Deployment (Qfd)id
dc.subject.keywordTotal Quality Management (Tqm)id
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19AYU.pdf
  Restricted Access
1.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.