Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168057| Title: | Analisis Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Kerja Berdasarkan Sasaran Kerja dan Perilaku Kerja Tenaga Kependidikan |
| Authors: | Ma'Arif, Syamsul Purnawarman, Trioso Lutfiani, Maulita |
| Issue Date: | 2019 |
| Publisher: | IPB University |
| Abstract: | Manajemen sumber daya manusia merupakan penentu dan pelaksana segala aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan pegawai melalui perencanaan, pengembangan dan pemeliharaan. Sumber daya manusia yang kompeten merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam mencapai tujuan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB). Pentingnya sistem penilaian prestasi kerja berdasarkan sasaran kerja pegawai (SKP) dan perilaku kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk mengetahui bagaimana kinerja dari masingmasing pegawai tersebut. Penilaian prestasi kerja dalam pelaksanaanya berdasarkan SKP dan perilaku kerja bagi tenaga kependidikan belum mampu memberikan hasil yang objektif. Oleh karena itu perlu upaya mengevaluasi dan memberikan strategi dalam penilaian prestasi kerja pegawai. Penelitian bertujuan untuk 1) Menganalisis penerapan SKP terhadap penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan di FKH-IPB. 2) Menganalisis penerapan perilaku kerja terhadap penilaian prestasi kerja tenaga kependidikan di FKH-IPB. 3) Merumuskan rekomendasi strategi yang akan dilakukan FKH-IPB untuk meningkatkan penilaian prestasi kerja dan produktivitas kerja tenaga kependidikan. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) dengan pengambilan data terkait tenaga kependidikan (tendik) yang berstatus ASN. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) guna memberikan keputusan terhadap peranan SKP dan perilaku kerja terhadap strategi peningkatan prestasi kerja dan peningkatan produktivitas kerja melalui tanggapan yang diberikan responden (pakar) dalam mengisi kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakakan analisis deskriptif untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang penelitian yang sedang dilakukan dengan dukungan data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan inovasi perlu ditambahkan dalam penilaian SKP di FKH-IPB untuk meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan sehingga bobot SKP menjadi 65.4 persen. Peningkatan penilaian perilaku kerja menjadi sangat baik dengan melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap tenaga kependidikan secara berkala melalui komitmen dan disiplin tenaga kependidikan. Strategi peningkatan prestasi kerja yang paling berpengaruh adalah melalui pendidikan. |
| URI: | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168057 |
| Appears in Collections: | MT - Business |
Files in This Item:
| File | Size | Format | |
|---|---|---|---|
| K19MLI.pdf Restricted Access | 2.33 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.