Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168047
Title: Strategi Pengembangan Bisnis Media Agribisnis Di Era Digital: Studi Kasus Pt Permata Wacana Lestari
Authors: Daryanto, Arief
Zulbainarni Nimmi
Halimah, Sindi Fathonah
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Kemajuan teknologi digital yang kian pesat belakangan ini memiliki dampak terhadap industri media, khususnya media cetak. Saat ini pembaca lebih senang untuk mengakses berita melalui media digital atau media online. PT PWL sebagai salah satu media cetak pertanian memiliki kekhawatiran terhadap persoalan tersebut, sehingga diperlukan berbagai strategi agar tetap bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan bisnis pada PT PWL, merumuskan strategi yang dapat diterapkan di PT PWL serta menentukan prioritas strategi yang paling sesuai bagi pengembangan bisnis media di PT PWL. Penelitian ini menggunakan Matriks IFE dan EFE, Matrik SWOT dan QSPM. Hasil menunjukkan bahwa kekuatan internal yang ada di PT PWL diantaranya tingkat pendidikan dan etos kerja karyawan, kemampuan manajerial, memiliki brand awareness di kalangan pelaku industri peternakan, perikanan, dan pertanian, konten penulisan berkualitas dan menarik, serta inovasi produk dengan melihat perkembangan zaman. Faktor-faktor kelemahan yang dimiliki perusahanan diantaranya pengelolaan keuangan masih kaku, sistem informasi dan teknologi masih konvensional, marketing dan lobying, inovasi produk dengan melihat perkembangan zaman, serta sistem kontrol dan evaluasi yang lemah. Peluang yang ditangkap oleh PT PWL diantaranya gaya hidup masyarakat dalam mengakses berita (internet), berkembangnya industri yang berbasis digital, serta regulasi pemerintah seputar peternakan dan perikanan. Faktor-faktor yang menjadi ancaman yaitu gejolak bisnis peternakan dan perikanan, kondisi ekonomi global, biaya cetak yang semakin tinggi, rendahnya minat baca, serta biaya logistik dan pengiriman semakin tinggi. Setelah didapatkan faktor internal dan eksternal perusahan, kemudian diperoleh lima alternatif strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Alternatif strategi yang dapat diaplikasikan diantaranya mengembangkan produk-produk yang berbasis digital seperti pemberitaan melalui website atau TV streaming (strategi SO), meningkatkan kapasitas SDM dalam mengelola manajemen seperti memberikan pelatihan sehingga mampu meningkatkan daya saing perusahaan di era digital (strategi WO 1), memberlakukan reward dan punishment bagi karyawan untuk mengontrol kinerja maupun meningkatkan kreatifitas dalam berinovasi (strategi WO 2), meningkatkan kualitas pemberitaan dengan lebih menarik lagi, baik penulisan maupun desain grafis agar semakin menarik minat pembaca dan pengiklan (strategi ST), serta memanfaatkan teknologi digital dalam meminimalisasi biaya (strategi WT). Berdasarkan strategi tersebut, strategi yang menjadi prioritas utama adalah pengembangan produk-produk yang berbasis digital seperti pemberitaan melalui website atau TV streaming dengan nilai Total Atractiveness Score tertinggi.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168047
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19SFHH.pdf
  Restricted Access
1.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.