Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168039
Title: Analisis Perilaku Membaca Label Kemasan Pangan
Authors: Yuliati, Lilik Noor
Simanjuntak, Megawati
Prasiwi, Ridanti Indraswari
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Masyarakat Indonesia tampaknya belum menjadikan perilaku membaca label makanan dan minuman sebagai kebiasaan, meskipun membaca label makanan penting untuk mencapai efektivitas, keamanan dan kualitas makanan itu sendiri. Label pada kemasan makanan merupakan instrumen penting untuk memberikan informasi tentang aspek gizi sehingga berguna bagi konsumen yang ingin tetap mengonsumsi makanan sehat dan yang sedang diit karena penyakit. Label memiliki banyak atribut informasi dan tidak semua atribut ini dibaca dan diperhatikan oleh konsumen. Konsumen di negara maju telah menggunakan label kemasan sebagai pertimbangan untuk membeli makanan. Konsumen di negara-negara ini menganggap bahwa informasi tentang nilai gizi, klaim kesehatan dan informasi alergen adalah penting untuk menunjang pola hidup sehat mereka dan menghindarkan mereka dari makanan yang tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku membaca label, menganalisis pengaruh keterpaparan informasi, motivasi, pengetahuan label pada persepsi membaca label dan menganalisis pengaruh keterpaparan informasi, motivasi, pengetahuan label dan persepsi membaca label pada perilaku membaca label. Selain tujuan penelitian, peneliti juga mendeskripsikan setiap variabel penelitian dengan menjabarkan sebaran responden pada setiap indikator. Penelitian ini dilakukan dari Januari hingga Maret 2018. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan cara non probability sampling dan dengan metode purposive sampling yang mensyaratkan responden harus berusia minimal 19 tahun dan mengkonsumsi lima kategori produk setidaknya dalam enam bulan terakhir. Kelima kategori produk adalah minuman, susu, biskuit, makanan instan, dan makanan ringan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 226 orang terdiri dari konsumen pria dan wanita. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan self administered survey melalui kuesioner yang disebarkan secara online melalui Survey Monkey. Analisis statistik yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Data yang diperoleh diproses menggunakan Microsoft Excel 2013 dan LISREL 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpaparan informasi, motivasi dan pengetahuan label secara signifikan mempengaruhi persepsi membaca label dan keterpaparan informasi, motivasi, pengetahuan label dan persepsi membaca label secara signifikan mempengaruhi perilaku membaca label. Selain itu, penelitian ini juga menemukan atribut label yang paling sering dibaca oleh responden. Tiga atribut yang paling sering dibaca tersebut secara berurutan adalah merek, nama produk dan tanggal kedaluwarsa. Penelitian ini juga melihat sebaran variabel laten yang menunjukkan bahwa pada variabel keterpaparan informasi mayoritas responden tidak mendapatkan informasi mengenai label pangan dari pihak eksternal seperti keluarga, teman, produsen pangan, pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tenaga kesehatan (dokter/ ahli gizi). Pada variabel laten motivasi, mayoritas responden membaca label karena dilatarbelakangi motivasi untuk mendapatkan produk yang aman. Hal ini sejalan dengan sebaran pada variabel laten persepsi membaca label yang menunjukkan bahwa hampir seluru responden setuju pentingnya membaca tanggal kedaluarsa, sebagaimana diketahui bahwa tanggal kedaluarsa memiliki fungsi untuk menginformasikan masa aman konsumsi suatu pangan. Pada variabel pengetahuan lebih dari setengah responden menunjukkan dengan benar atribut pada label pangan, kecuali pertanyaan tentang nilai zat gizi dan takaran saji. Sementara pada variabel laten perilaku membaca label, lebih dari setengah responden membaca label sebelum membeli. Alasan responden tidak membaca label sebagian besar dikarenakan tidak ada waktu untuk membaca label dan huruf di label terlalu kecil sehingga menyulitkan responden untuk membaca. Diperlukan integrase dari masyarakat, pemerintah serta tenaga kesehatan untuk menggalakkan perilaku membaca label sebelum membeli.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168039
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19RIPI.pdf
  Restricted Access
1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.