Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168034
Title: Analisis Pengembangan Model Bisnis Rizky Food
Authors: Satria, Arif
Kirbrandoko
Effendi, Indah
Issue Date: 2017
Publisher: IPB University
Abstract: Indonesia kaya akan potensi bahari. Produksi perikanan Indonesia mengalami kenaikan yang stabil. Provinsi Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi sumberdaya perikanan dan kelautan yang cukup besar. Sumberdaya ikan di Indonesia sangat berlimpah, sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang kekurangan gizi khususnya protein hewani. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih sangat rendah, sedangkan penyediaan ikan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Pola konsumsi makanan siap saji telah menjadi tren di Indonesia. Dalam hal konsumsi makanan siap saji, harus memperhatikan status gizi. Ikan merupakan pangan yang memiliki kandungan zat gizi yang tinggi namun bersifat perishable food. Untuk memperpanjang daya simpan ikan, banyak upaya yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan pengolahan ikan. Salah satu unit pengolahan ikan yaitu Rizky Food. Rizky Food adalah UKM yang bergerak dalam bidang makanan olahan hasil perikanan, yang menyediakan makanan siap saji yaitu produk frozen seafood. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan Rizky Food berdasarkan Business Model Canvas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dari data primer maupun sekunder. Data primer diperoleh dari pre-FGD, kuesioner dan wawancara, dan FGD. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yang relavan. Pihak responden dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu pihak internal dan pihak eksternal. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif, penentuan KSF, identifikasi model bisnis kanvas saat ini, analisis SWOT kesembilan elemen kanvas, perbaikan model bisnis kanvas, dan perumusan strategi pengembangan bisnis Rizky Food. Penelitian ini menghasilkan lima alternatif strategi pengembangan bisnis yaitu: (1) pengembangan pasar, (2) penambahan mitra, (3) penambahan modal usaha, (4) peningkatan brand awareness, dan (5) peningkatan kualitas SDM. Rizky Food disarankan untuk mengimplementasikan hasil penelitian ini sebagai strategi pengembangan bisnis.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168034
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K17IEI.pdf
  Restricted Access
1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.