Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168023
Title: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Salad Dressing Mayumi""
Authors: Harianto
Suwarsinah, Heny K.
Rahardjo, Christian Arianto
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: “Mayumi” sebagai salah satu produk salad dressing, dapat membantu konsumen dalam menyiapkan makanan yang sehat dalam waktu singkat. Di Indonesia pertumbuhan untuk produk salad dressing setiap tahun cukup tinggi yaitu meningkat 120% tiap tahun. Pangsa pasar salad dressing juga semakin besar dengan bertambahnya pemain baru dan penambahan varian baru. Selaku produsen “Mayumi”, PT Ajinomoto Indonesia perlu untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan dan bagaimana tingkat kepuasan konsumennya. Atribut yang diambil dalam penelitian ini terkait dengan bauran pemasaran. Loyalitas konsumen juga merupakan hal yang penting agar “Mayumi” dapat bersaing dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehingga perusahaan dapat merumuskan strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar produk ini. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen Mayumi, mengidentifikasi dan menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen Mayumi, serta merumuskan ide dan saran yang efektif untuk meningkatan kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan survey terhadap konsumen salad dressing “Mayumi” yang dilakukan secara online dan wawancara langsung ke pusat perbelanjaan. Responden dibatasi pada responden wanita yang berusia lebih dari 18 tahun dan tinggal di daerah Jabodetabek. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Alat bantu analisis yang menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software LISREL versi 8.7. Berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi pada responden dapat diperoleh kesimpulan bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel produk, harga, dan tempat. Sebaliknya variabel promosi memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Indeks kepuasan konsumen berada pada kategori sangat puas, sedangkan indeks loyalitas konsumen berada pada kategori loyal. Saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen produk “Mayumi” adalah dengan menjaga rasa produk agar sesuai dengan selera konsumen dan menjaga kualitas produk. Penempatan produk Mayumi di pusat perbelanjaan juga harus diperhatikan agar selalu mudah ditemukan serta menjaga ketersediaan produk di pasaran. Hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan berujung pada kenaikan loyalitas konsumen.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168023
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19CARO.pdf
  Restricted Access
1.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.