Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168015
Title: Analisis Keberhasilan Penerapan E- Learning Di Universitas Terbuka
Authors: Seminar, Kudang B.
Suroso, Arif Imam
Rahmat, Abd.
Issue Date: 2019
Publisher: IPB University
Abstract: Universitas Terbuka (UT) merupakan satu institusi Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang menerapkan sistem pendidikan dengan sedikit kelas (tatap muka). UT merupakan prototipe ideal bagi PT di Indonesia dalam penerapan konsep elearning. E-learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer dan internet. Penelitian ini mengetahui bagaimana kondisi penerapan e-learning dengan menggunakan model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan penerapan elearning di UT. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan dan peningkatan penerapan e-learning di UT. Penelitian dilakukan hanya terbatas di UT dan fokus pada analisis kondisi penerapan dan analisis faktorfaktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan e-learning. Sampel penelitian ini adalah para mahasiswa dan dosen terdaftar di UT Kota Bogor. Jumlah sampel digunakan sebanyak 300 orang dengan convenience sampling sebagai metode penarikan sampelnya. Pada setiap pertanyaan, responden memberikan penilaian atas persepsinya terhadap penerapan sistem e-learning di UT dengan menuangkan angka yang dirasa sesuai dengan pengalaman yang dirasakan dengan kriteria skor 1 = Sangat Rendah, 2 = Rendah, 3 = Sedang, 4 = Tinggi, dan 5 = Sangat Tinggi. Analisis secara deskriptif dilakukan untuk menilai kondisi penerapan e-learning di UT. Sedangkan analisis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menganalisis keterkaitan variabel-variabel yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e-learning sesuai dengan model Delone dan McLean. Hasil dari penelitian ini adalah semua kondisi dari variabel dalam model keberhasilan e-learning mempunai nilai yang tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa secara menyeluruh implementasi dari e-learning di UT ini mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Seluruh indikator tingkat keberhasilan dari implementasi e-learning ini juga dinilai tinggi. Kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh positif terhadap penggunaan. Penggunaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan penggunaan serta kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap hasil bersih yang didapat. Direkomendasikan untuk perbaikan pengelolaan dan pemanfaatan e-learning di UT yang lebih baik lagi, upaya peningkatan tingkat keberhasilan penerapan e-learning dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas penggunaan sistem dan memperhatikan faktor-faktor yang membentuk serta mempengaruhi kepuasan pengguna.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/168015
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
K19ABDRT.pdf
  Restricted Access
1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.