Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167966
Title: Analisis Model Perilaku Niat Penggunaan E-Commerce Go-Jek
Authors: Suroso, Arif Imam
Ratono, Joko
Mahdi, Muhammad
Issue Date: 2018
Publisher: IPB University
Abstract: Perkembangan teknologi semakin pesat, namun tidak selamanya disambut dengan baik oleh semua orang. Kesiapan dalam menerima kemajuan teknologi menjadi penting untuk mendukung aktifitas sehari-hari. Di Indonesia juga pengguna internet mengalami peningkatan. Pesatnya pengguna internet mendorong perusahaan untuk melakukan implementasi internet pada proses bisnis perusahaan. Gojek merupakan aplikasi transportasi yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam dunia transportasi yang dapat diadopsi dengan cepat oleh masyarakat, proses penerimaan yang cepat mampu membuat perubahan dalam dunia transportasi, sehingga menarik untuk diteliti apa yang menyebabkan Gojek dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mempertanyakan hubungan antara faktor manfaat yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, self efficacy, status sosial ekonomi, cuaca, budaya dan sikap terhadap niat untuk menggunakan aplikasi, dengan menggunakan extended technology acceptance model dan pemodelan persamaan struktural, karena dengan menggunakannya kita dapat mengetahui variabel baru yang dapat mendorong penggunaan aplikasi dan hubungannya satu sama lain. Penelitian ini memilih lokasi di 5 universitas kota Bogor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dan simple random sampling. Cluster sampling dilakukan untuk menentukan perguruan tinggi yang diharapkan mewakili perguruan tinggi di Bogor kemudian pada masing-masing perguruan tinggi yang terpilih dilakukan simple random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga seluruh anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap memiliki pengaruh 93% terhadap niat menggunakan variabel aplikasi dan sikap hanya dipengaruhi oleh satu variabel yaitu persepsi akan kemudahan penggunaan sebesar 73%, variabel persepsi akan kemudan tersebut dipengaruhi oleh dua variabel yaitu self efficacy sebesar 62% dan status sosial ekonomi sebesar 59%. Sehingga dari hasil tersebut maka aplikasi perlu memperhatikan aspek kemudahan dalam menggunakan suatu aplikasi baik dari sisi teknis maupun sisi ekonomis.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/167966
Appears in Collections:MT - Business

Files in This Item:
File SizeFormat 
R54MUM.pdf
  Restricted Access
2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.